UNISTIUNISTI

JURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan BisnisJURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian asosiatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif atau dalam bentuk angka. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Alat ukur adalah valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian pada tingkat signifikansi 5% ditemukan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2) yang mana nilai t hitung adalah 4.381 sedangkan nilai t tabel adalah 0.2423, selain itu nilai signifikansi juga menunjukkan nilai 0.002 yang lebih kecil dari alpha 0.05.

Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,381, yang lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% yang bernilai 0,2423.Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Alfamart Talang Kelapa.Selain itu, kualitas pelayanan berkontribusi terhadap kepuasan konsumen sebesar 99%, sementara sisanya 1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen di alfamart, seperti pengalaman berbelanja dan lingkungan toko. Selain itu, penting untuk melakukan penelitian tentang dampak jangka panjang dari peningkatan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian lebih mendalam juga diharapkan dapat merancang strategi inovatif untuk meningkatkan interaksi antara karyawan dan konsumen sehingga dapat meningkatkan kepuasan secara keseluruhan.

File size325.58 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test