STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Tujuan dari penelitian untuk mempelajari dan mengetahui jenis media yang terbaik untuk diterapkan dalam Augmented Reality khususnya pada software Unity 3D menggunakan teknik Marker Based Tracking. Analisis dilakukan dengan membuat Marker Augmented Reality pada software Unity 3D menggunakan plugin Vuforia SDK. Analisis media yang digunakan dalam penelitian ini adalah kertas, plastik, kayu dan LCD. Penelitian ini juga mengukur jarak dan sudut kemiringan kamera yang terbaik untuk menjalankan Augmented Reality. Peneliti menggunakan metode Research And Development (R&D) dalam membangun aplikasi dan melakukan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah analisa media, jarak kamera dan sudut kemiringan kamera yang tepat untuk menerapkan Augmented Reality menggunakan teknik Marker Based Tracking.

Media marker yang terbaik untuk diterapkan dalam Augmented Reality menggunakan metode Marker Based Tracking adalah kertas, plastik, dan LCD.Sudut kemiringan kamera untuk menampilkan objek 3D berkisar antara 30˚ hingga 90˚.Jarak pengambilan kamera pada cahaya matahari (1503 Lux) memungkinkan objek 3D muncul dari 10 cm hingga 140 cm, sedangkan pada cahaya lampu Neon (300 Lux) objek 3D muncul dari 10 cm hingga 130 cm.

Penelitian perlu dikembangkan dengan pengukuran jarak dan sudut kamera yang lebih detail dan akurat. Selain itu, penting untuk membandingkan kemunculan objek 3D dengan ukuran gambar media marker yang berbeda. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengeksplorasi jenis media baru yang dapat meningkatkan efektivitas Augmented Reality. Pertanyaan penelitian lanjutan dapat difokuskan pada bagaimana variasi intensitas cahaya berpengaruh terhadap kejelasan objek 3D yang muncul.

File size470.62 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test