AFEBIAFEBI

AFEBI Management and Business ReviewAFEBI Management and Business Review

Penelitian ini mengenali kebutuhan untuk memeriksa faktor-faktor yang dapat memprediksi penggunaan mobile banking dan bagaimana sistem tersebut dapat meningkatkan intensitas penggunaan mobile banking oleh pelanggan. Model konseptual penelitian ini menggunakan extended UTAUT2 yang mencakup price value, hedonic motivation, dan habit. Data dikumpulkan melalui survei dengan responden sebanyak 137 orang. Analisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian menunjukkan bahwa motivasi hedonik secara signifikan dan positif mempengaruhi niat perilaku dan kebiasaan. Sementara itu, kebiasaan dan niat perilaku secara signifikan dan positif mempengaruhi perilaku pengguna. Namun, nilai harga ditemukan tidak memiliki dampak signifikan pada niat perilaku menggunakan mobile banking. Implikasi dari penelitian ini memungkinkan manajer bank untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor kritis yang dievaluasi oleh pelanggan saat menggunakan aplikasi mobile banking.

Habit memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap niat perilaku mobile banking.Aktivitas tersebut harus menjadi kebiasaan untuk meningkatkan niat perilaku pengguna.Pelaku perlu membuat transaksi mobile banking lebih nyaman dan menyenangkan.Penelitian ini memiliki batasan, seperti jumlah sampel yang relatif kecil dan kemungkinan menurunkan generalisasi hasil.Selanjutnya, penelitian disarankan untuk menambah sampel dan melakukan penelitian di beberapa tempat untuk membandingkan hasilnya.

Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan dampak faktor risiko dan kepercayaan terhadap adopsi mobile banking, serta mengeksplorasi produk perbankan digital lain seperti mobile money dan internet banking. Selain itu, penelitian dapat dilakukan di berbagai lokasi untuk membandingkan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi adopsi dan kegunaan mobile banking di Indonesia. Ada juga potensi untuk mempertimbangkan bagaimana peningkatan usabilitas dan kompatibilitas dapat mempengaruhi adopsi mobile banking, terutama di kalangan masyarakat yang lebih tua dan memiliki pengalaman teknologi yang lebih terbatas.

  1. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... emerald.com/jima/article/5/3/344-365/221275Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content emerald jima article 5 3 344 365 221275
  2. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/JEIM-10-2018-0237Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 JEIM 10 2018 0237
  1. #niat perilaku#niat perilaku
File size278.22 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test