NASIONALNASIONAL

PARAMA: Jurnal Pengabdian untuk Masyarakat Maju BersamaPARAMA: Jurnal Pengabdian untuk Masyarakat Maju Bersama

Pendidikan karakter dan kreativitas pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian dan potensi anak secara menyeluruh. Pengintegrasian seni dan budaya lokal dalam pembelajaran di usia dini menawarkan pendekatan yang efektif untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter sekaligus mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak. Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kegiatan seni dan budaya lokal sebagai media pendidikan karakter dan kreativitas anak usia dini di TK Bintang Perkasa. Metode yang diterapkan meliputi pelatihan bagi pendidik dan pendampingan langsung kepada anak-anak dalam berbagai kegiatan seni tradisional. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan kesadaran karakter positif dan kreativitas anak yang signifikan, serta meningkatnya minat terhadap pelestarian budaya lokal. Temuan ini menegaskan pentingnya seni dan budaya lokal sebagai sarana pembelajaran yang mampu membentuk karakter serta kreativitas anak secara holistik dan berkelanjutan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di TK Bintang Perkasa menunjukkan hasil positif dengan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan seni dan budaya lokal ke dalam pembelajaran anak usia dini.Anak-anak juga menunjukkan antusiasme tinggi yang berdampak pada perkembangan kreativitas dan karakter sosial mereka.Pengembangan pendidikan karakter dan kreativitas anak usia dini melalui seni dan budaya lokal memiliki potensi besar untuk terus mendukung perkembangan holistik anak dan memperkuat identitas budaya daerah.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan studi komparatif untuk membandingkan efektivitas pendekatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal dengan pendekatan lain yang lebih umum digunakan. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada pengembangan model pembelajaran yang lebih terstruktur dan sistematis, yang mengintegrasikan seni dan budaya lokal secara optimal dalam kurikulum PAUD. Ketiga, penting untuk meneliti dampak jangka panjang dari pendidikan karakter berbasis budaya lokal terhadap perilaku dan prestasi akademik anak di jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teori dan praktik pendidikan karakter yang relevan dengan konteks budaya Indonesia, serta menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat mendukung implementasi pendidikan karakter yang efektif dan berkelanjutan di seluruh lembaga PAUD.

  1. #seni budaya lokal#seni budaya lokal
  2. #sosial budaya lokal#sosial budaya lokal
File size270.31 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test