OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerMembaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru dan seluruh siswa SDN 22 Kota Bengkulu. Untuk meningkatkan literasi siswa salah satunya dapat dilakukan melalui pembuatan pojok baca. Berdasarkan hasil observasi di SDN 22 Kota Bengkulu diketahui bahwa pojok baca di sekolah dalam keadaan kurang layak dikarenakan berada di taman sekolah dekat dengan area parkiran sehingga kegiatan literasi tidak efektif. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pada siswa terutama di SDN 22 Kota Bengkulu dengan cara melakukan pembuatan pojok baca di perpustakaan dan menghias kembali pojok baca yang ada sebelumnya. Metode yang digunakan oleh penulis untuk membuat jurnal ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 22 Kota Bengkulu. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa dengan penambahan pembuatan pojok baca di SDN 22 Kota Bengkulu adalah seluruh siswa dapat bersemangat untuk mengunjungi perpustakaan dikarenakan adanya pojok baca didalam perpustakaan yang dimana kami melukis dinding perpustakaan dengan karakter animasi dengan begitu bisa meningkatkan minat baca siswa dan dapat meningkatkan raport literasi sekolah.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah berhasil merealisasikan upaya peningkatan budaya literasi di SDN 22 Kota Bengkulu melalui penambahan pojok baca.Pembuatan pojok baca ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam membaca.Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam mengurangi jumlah siswa yang mengalami kesulitan membaca dan meningkatkan semangat mereka untuk belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas berbagai desain dan tata letak pojok baca terhadap minat baca siswa, termasuk pengaruh penggunaan warna, pencahayaan, dan jenis perabotan. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pendampingan membaca yang melibatkan peran aktif orang tua dan masyarakat sekitar sekolah, untuk menciptakan ekosistem literasi yang berkelanjutan. Ketiga, penting untuk menginvestigasi dampak jangka panjang dari program pojok baca terhadap peningkatan kemampuan membaca, pemahaman teks, dan prestasi akademik siswa secara keseluruhan. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas literasi siswa di tingkat sekolah dasar, serta mendorong terciptanya generasi muda yang gemar membaca dan memiliki wawasan yang luas. Dengan demikian, sekolah dapat terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga minat baca mereka dapat terus berkembang dan menjadi bagian integral dari kehidupan mereka.
- ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR | Jurnal... doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302ANALISIS GERAKAN LITERASI POJOK BACA KELAS TERHADAP EKSISTENSI DAYABACA ANAK DI SEKOLAH DASAR Jurnal doi 10 31004 basicedu v4i1 302
- EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS... doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.264EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS doi 10 23887 jurnal pendas v5i1 264
- Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa | Journal of Basic Education Research.... Doi.Org/10.37251/Jber.V1i2.84Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Journal of Basic Education Research Doi Org 10 37251 Jber V1i2 84
- Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang | Journal of... jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/322Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah GLS di SMP Negeri 18 Padang Journal of jce ppj unp ac index php jce article view 322
| File size | 220.65 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program ini berhasil meningkatkan kefasihan, pengucapan, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikanProgram ini berhasil meningkatkan kefasihan, pengucapan, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan signifikan
OJSOJS Penelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan danPenelitian ini menyimpulkan bahwa rendahnya minat baca di Indonesia, khususnya di kalangan siswa, menjadi kendala dalam proses pengolahan pengetahuan dan
OJSOJS Data penelitian diperoleh dari rekaman video pidato Presiden tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, Hasil penelitianData penelitian diperoleh dari rekaman video pidato Presiden tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, Hasil penelitian
EDUPEDEDUPED Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%. 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkanHal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 77%. 2) Penerapan e-Learning pada proses Belajar Dari Rumah (BDR) dapat meningkatkan
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Program ini membuktikan bahwa pendampingan partisipatif dan kontekstual dapat mendorong transformasi usaha UMKM desa menuju kemandirian dan keberlanjutan.Program ini membuktikan bahwa pendampingan partisipatif dan kontekstual dapat mendorong transformasi usaha UMKM desa menuju kemandirian dan keberlanjutan.
EDUPEDEDUPED Metode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasiMetode pembelajaran terus dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak hanya pada materi cara mengatasi
EDUPEDEDUPED Penelitian kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menghasilkan temuan bahwa upaya guru melibatkan kerja sama dengan orangPenelitian kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menghasilkan temuan bahwa upaya guru melibatkan kerja sama dengan orang
EDUPEDEDUPED Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2022. Subyek penelitian adalah siswa kelas III di MI Maarif Serut, Bantul. Teknik pengumpulanPenelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2022. Subyek penelitian adalah siswa kelas III di MI Maarif Serut, Bantul. Teknik pengumpulan