UTMUTM

SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

Penelitian ini mengkaji pengalaman dan persepsi 28 pembelajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) selama mengikuti Summer Course di Untidar, dengan menekankan penggunaan media Wordwall dalam pengajaran. Materi yang diajarkan berfokus pada makanan lokal Indonesia, tempat-tempat sekitar, dan budaya setempat. Menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur untuk mengetahui respons serta keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif menciptakan suasana yang positif dan menyenangkan. Siswa merasa lebih senang, nyaman, dan aktif selama pembelajaran. Studi ini menyoroti pentingnya media dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman budaya dalam program BIPA, serta bagaimana teknologi dapat membuat pembelajaran bahasa lebih dinamis dan menyenangkan.

Penelitian ini menyoroti peran signifikan media Wordwall dalam meningkatkan keterlibatan emosional, perilaku, dan kognitif pembelajar BIPA.Penggunaan media interaktif ini menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan dinamis, meningkatkan motivasi, dan memfasilitasi pemahaman kosakata serta budaya Indonesia.Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi teknologi dalam program BIPA dapat secara efektif mengatasi tantangan umum dalam pembelajaran bahasa, sehingga memperkaya pengalaman belajar dan mendorong apresiasi terhadap bahasa dan budaya Indonesia.

Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi efektivitas Wordwall dengan variasi materi dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda untuk mengidentifikasi strategi optimal dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran BIPA. Kedua, penting untuk meneliti dampak Wordwall pada kemampuan berbicara dan menulis peserta BIPA, karena penelitian ini lebih berfokus pada keterlibatan selama kegiatan pembelajaran. Ketiga, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas Wordwall dengan media pembelajaran interaktif lainnya dalam meningkatkan hasil belajar BIPA. Dengan menyoroti manfaat interaktif pembelajaran yang dinamis, penelitian di masa depan berpotensi berkontribusi pada pengembangan metodologi pengajaran bahasa yang inovatif dan berpusat pada pelajar.

  1. Creating an Education Game Using Wordwall: An Interactive Learning Media for English Language Teaching... ejournal.unis.ac.id/index.php/Foremost/article/view/3610Creating an Education Game Using Wordwall An Interactive Learning Media for English Language Teaching ejournal unis ac index php Foremost article view 3610
File size369.63 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test