STKIP PERSADASTKIP PERSADA
Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang terjadi bahwa tidak semua konsumen berperilaku rasional. Masih banyak konsumen yang berperilaku irasional dalam bentuk perilaku konsumtif. Konsumen dalam hal ini mahasiswa yang memiliki perilaku konsumtif diduga karena konsumen kurang dalam literasi ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di STKIP Persada Kahtulistiwa Sintang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk ekspos fakto. Populasi adalah mahasiswa dengan jumlah 257 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sample 65 orang. Alat pengumpul data berupa angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Hal ini dipertegas dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai t hitung – 3,400 > t tabel - 1,998 (Two Tailed) pada dk = n -2 = 65 – 2 = 63 dan tingkat kesalahan (α = 5%) atau signifikansi 0.000 < 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Literasi ekonomi mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang rata-rata 46,77 yang berarti cukup memiliki ilmu pengetahuan ekonomi.Perilaku konsumtif mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang rata-rata 43,94 yang berarti cukup konsumtif.Literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas program literasi ekonomi dalam mengurangi perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perilaku konsumtif, seperti gaya hidup atau pengaruh media sosial. Terakhir, disarankan untuk melakukan studi longitudinal guna mengamati perubahan perilaku konsumtif mahasiswa setelah menerima pendidikan literasi ekonomi secara berkelanjutan.
| File size | 695.24 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Volume perdagangan saham di mature market berpengaruh terhadap volume perdagangan saham di emerging market. Perilaku investor di negara maju menjadi acuanVolume perdagangan saham di mature market berpengaruh terhadap volume perdagangan saham di emerging market. Perilaku investor di negara maju menjadi acuan
UPN VeteranUPN Veteran Hasil menunjukkan KRPPA di Desa Keringanan Jerawat cukup efektif. Aktivitas seperti pos kesehatan keluarga, kelas pengasuhan, dan kuliah pra‑nikah mendukungHasil menunjukkan KRPPA di Desa Keringanan Jerawat cukup efektif. Aktivitas seperti pos kesehatan keluarga, kelas pengasuhan, dan kuliah pra‑nikah mendukung
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media visual pada SekolahHasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media visual pada Sekolah
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap life skill mahasiswa. Variabel Edupreneurship memiliki pengaruh yang lebihSecara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap life skill mahasiswa. Variabel Edupreneurship memiliki pengaruh yang lebih
Useful /
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan BaratTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
UPN VeteranUPN Veteran Waktu dari penyaluran program (BLT-DD) ini terbilang masih mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditetapkan dan belum efisien. Karena penyelesaian pelaporanWaktu dari penyaluran program (BLT-DD) ini terbilang masih mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditetapkan dan belum efisien. Karena penyelesaian pelaporan
PLBPLB Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggabungan pengalaman nyata dan artefak sebagai intervensi dalam proses pembelajaran daring efektif. Secara umum, siswaPenelitian ini menyimpulkan bahwa penggabungan pengalaman nyata dan artefak sebagai intervensi dalam proses pembelajaran daring efektif. Secara umum, siswa
STKIP PERSADASTKIP PERSADA Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar kognitifPenelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif