STKIP PERSADASTKIP PERSADA

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Edupreneurship dan Praktek Kerja secara parsial terhadap life skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Ekonomi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah 49 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Edupreneurship dan Praktek Kerja secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap life skill mahasiswa. Edupreneurship dan Praktek Kerja secara simultan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap life skill mahasiswa. Diantara variabel Edupreneurship dan Praktek Kerja, variabel yang pengaruhnya paling signifikan terhadap variabel life skill mahasiswa adalah variabel Edupreneurship.

Edupreneurship dan Praktek Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap life skill mahasiswa.Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap life skill mahasiswa.Variabel Edupreneurship memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan Praktek Kerja terhadap kemampuan life skill mahasiswa.

Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Edupreneurship dalam jangka panjang terhadap kesiapan kerja dan keberlanjutan usaha mandiri lulusan pendidikan ekonomi. Kedua, perlu dikaji lebih dalam bagaimana perbedaan dampak antara Praktek Kerja di sektor pendidikan (sekolah) dengan sektor keuangan (koperasi, credit union) terhadap pengembangan life skill spesifik seperti keterampilan sosial, manajerial, dan adaptasi organisasi. Ketiga, diperlukan studi komparatif yang membandingkan pengaruh program Edupreneurship dan Praktek Kerja antara mahasiswa dari latar belakang ekonomi berbeda untuk melihat aspek pemerataan dan aksesibilitas dalam pengembangan kompetensi life skill, sehingga dapat dirancang kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan dunia kerja.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size642.07 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test