RAHARJARAHARJA
CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalCCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalKewajiban mendokumentasikan sebuah kegiatan dalam dunia pendidikan merupakan ketentuan yang diciptakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. Sebagai bahan referensi, kewajiban tersebut dapat dijadikan sarana evaluasi berbagai event yang telah dilaksanakan. Untuk mendukung hal tersebut, Perguruan Tinggi Raharja mengembangkan sistem pembelajaran iLearning berbasis 4B (Belajar, Bekerja, Bermain, dan Berdoa) dengan menggunakan iPad, namun tidak semua aplikasi pendukung tersedia, khususnya aplikasi untuk pembuatan dan publikasi event, sehingga diciptakan aplikasi iEvent Information untuk mempublikasikan kegiatan kampus secara digital.
Implementasi iLearning berbasis iPad di Perguruan Tinggi Raharja menunjukkan bahwa iEvent Information merupakan sistem informasi yang sangat membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi agenda kampus yang ter‑update.Sistem ini memberikan lima kelebihan, yaitu pendataan otomatis, pembaruan menyeluruh, pencarian data yang mudah, akses terbuka bagi semua mahasiswa, serta kemampuan diakses di luar lingkungan kampus.Namun, terdapat dua kelemahan utama, yaitu potensi gangguan pada server database yang dapat menyebabkan kehilangan data serta masalah jaringan karena sifat aplikasi yang online.
Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi skalabilitas iEvent Information bila diterapkan pada beberapa perguruan tinggi untuk mengidentifikasi tantangan integrasi data lintas institusi dan efektivitas kolaborasi antar kampus; selanjutnya, pengembangan mekanisme sinkronisasi data secara offline dapat diteliti untuk mengatasi risiko kehilangan data akibat gangguan server atau jaringan, sehingga aplikasi tetap dapat berfungsi tanpa koneksi internet; terakhir, analisis dampak penggunaan iEvent Information terhadap tingkat keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kampus serta pencapaian akademik dapat dilakukan melalui studi longitudinal, guna menilai kontribusi aplikasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik.
| File size | 914.01 KB |
| Pages | 18 |
| DMCA | Report |
Related /
UTMUTM Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi teknologi dalam program BIPA dapat secara efektif mengatasi tantangan umum dalam pembelajaran bahasa, sehinggaHal ini mengindikasikan bahwa implementasi teknologi dalam program BIPA dapat secara efektif mengatasi tantangan umum dalam pembelajaran bahasa, sehingga
RAHARJARAHARJA Selain itu dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil suatu keputusan. Serta hasil penelitian ini bisa dijadikan referensi bagi penelitian sejenis dimasaSelain itu dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil suatu keputusan. Serta hasil penelitian ini bisa dijadikan referensi bagi penelitian sejenis dimasa
RAHARJARAHARJA Desain multi website dengan memanfaatkan satu domain sangat tepat guna memfasilitasi berbagai kelompok klaster. Struktur data yang sama sangat efisienDesain multi website dengan memanfaatkan satu domain sangat tepat guna memfasilitasi berbagai kelompok klaster. Struktur data yang sama sangat efisien
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat peningkatan dalam kemampuan kosakata siswa dengan menggunakan permainan spelling bee pada siswaPenelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat peningkatan dalam kemampuan kosakata siswa dengan menggunakan permainan spelling bee pada siswa
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehinggaHasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga
UINSIUINSI Fokus utama analisis komparatif ini adalah mekanisme pelaksanaan, strategi, serta peluang dan kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan cash waqf untukFokus utama analisis komparatif ini adalah mekanisme pelaksanaan, strategi, serta peluang dan kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan cash waqf untuk
UINSIUINSI Namun, masih terdapat kesenjangan signifikan dalam standarisasi proses sertifikasi halal, terutama dalam menyesuaikannya dengan ketentuan hukum Islam untukNamun, masih terdapat kesenjangan signifikan dalam standarisasi proses sertifikasi halal, terutama dalam menyesuaikannya dengan ketentuan hukum Islam untuk
MAHADEWAMAHADEWA Penerapan manajemen keterlibatan masyarakat di SD Negeri 8 Mas meningkatkan kualitas sekolah dan mengubah pola pikir masyarakat dari tanggung jawab pemerintahPenerapan manajemen keterlibatan masyarakat di SD Negeri 8 Mas meningkatkan kualitas sekolah dan mengubah pola pikir masyarakat dari tanggung jawab pemerintah
Useful /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test satu kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 18 Makassar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test satu kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN 18 Makassar.
MAHADEWAMAHADEWA Flipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4. Pelaksanaan flipped classroom belum efektifFlipped Classroom diterapkan di SMA Negeri Bali Mandara untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era 4. Pelaksanaan flipped classroom belum efektif
MAHADEWAMAHADEWA Tanaman herbal yang digunakan adalah bawang putih (Allium satuvum), Kencur (Kaempferia galangal), kunyit (Curcuma domestika), temulawak (Curcuma xanthoriza),Tanaman herbal yang digunakan adalah bawang putih (Allium satuvum), Kencur (Kaempferia galangal), kunyit (Curcuma domestika), temulawak (Curcuma xanthoriza),
USDUSD Hasil penelitian mengonfirmasi bahwa melaksanakan Flipped Classroom sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa sekaligus membantu guruHasil penelitian mengonfirmasi bahwa melaksanakan Flipped Classroom sangat penting untuk mencegah ketidakjujuran akademik siswa sekaligus membantu guru