CIVILIZACIVILIZA
IJoIS: Indonesian Journal of Islamic StudiesIJoIS: Indonesian Journal of Islamic StudiesTujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media diorama tema ekosistem kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu: 1) tahap analisis terdiri dari analisis kebutuhan, analisis pendidik, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis materi pembelajaran; 2) tahap design yaitu merancang media diorama tema ekosistem hutan hujan Indonesia; 3) tahap pengembangan yaitu proses mewujudkan desain menjadi nyata; 4) tahap implementasi yang meliputi uji praktikalitas media diorama. Hasil penelitian menunjukkan media diorama tema ekosistem memenuhi kriteria sangat valid dengan rata‑rata nilai ahli media 94% dan ahli materi 97%, serta praktis dengan rata‑rata respons guru dan peserta didik masing‑masing 97%.
Pengembangan media diorama tema ekosistem untuk kelas V SD melibatkan tiga tahapan utama, yaitu pembuatan, validasi oleh ahli media dan materi, serta uji praktikalitas.Validasi menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat tinggi, yaitu 93,5% untuk aspek media dan 97% untuk materi.Uji praktikalitas memperlihatkan bahwa media tersebut sangat praktis, dengan persentase kepuasan 97% baik dari guru maupun siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penggunaan bahan alternatif yang lebih aman dan tahan lama sebagai wadah diorama, misalnya bahan akrilik atau plastik daur ulang, untuk mengurangi risiko pecahnya kaca serta mempermudah perawatan. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang menilai keberlanjutan penggunaan tanaman hidup dalam diorama, mencakup aspek pemeliharaan, kebutuhan nutrisi, dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran selama periode yang lebih panjang. Selanjutnya, uji coba media diorama dapat diperluas ke beberapa sekolah dasar dengan sampel yang lebih besar dan beragam, untuk menguji efektivitasnya pada berbagai kondisi kelas dan latar belakang siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pengetahuan ekologis yang diperoleh.
| File size | 643.06 KB |
| Pages | 23 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Penelitian ini dilakukan dikelas IV di sekolah SDN Malangnengah II dengan jumlah seluruhnya adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakanPenelitian ini dilakukan dikelas IV di sekolah SDN Malangnengah II dengan jumlah seluruhnya adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
OJSOJS Salah satu pendekatan yang dianalisis adalah model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), yang dianggapSalah satu pendekatan yang dianalisis adalah model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), yang dianggap
OJSOJS Limbah tersebut mengalami proses pembusukan dan menghasilkan gas yang bersifat beracun bagi tubuh manusia. Kajian literatur ini bertujuan untuk membahasLimbah tersebut mengalami proses pembusukan dan menghasilkan gas yang bersifat beracun bagi tubuh manusia. Kajian literatur ini bertujuan untuk membahas
CIVILIZACIVILIZA Hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir sebesar 20,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 20,5%Hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir sebesar 20,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 20,5%
Useful /
KJPUPIKJPUPI Permasalahan utama MBR terletak pada fouling membran yang menurunkan permeabilitas dan meningkatkan beban operasional sehingga strategi seperti filtrasiPermasalahan utama MBR terletak pada fouling membran yang menurunkan permeabilitas dan meningkatkan beban operasional sehingga strategi seperti filtrasi
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Banyak hal yang menjadi penyebab rusaknya hutan di Indonesia, salah satunya karena kurangnya keterlibatan Masyarakat Hukum Adat setempat untuk berperanBanyak hal yang menjadi penyebab rusaknya hutan di Indonesia, salah satunya karena kurangnya keterlibatan Masyarakat Hukum Adat setempat untuk berperan
OJS INDONESIAOJS INDONESIA The results indicated a significant increase in vocabulary scores for the experimental group compared to the control group, with a moderate effect sizeThe results indicated a significant increase in vocabulary scores for the experimental group compared to the control group, with a moderate effect size
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Program Rumah Gemilang Indonesia yang dilaksanakan oleh LAZ Al‑Azhar Jawa Timur memberikan dampak signifikan dalam mengurangi tingkat pengangguran diProgram Rumah Gemilang Indonesia yang dilaksanakan oleh LAZ Al‑Azhar Jawa Timur memberikan dampak signifikan dalam mengurangi tingkat pengangguran di