OJS INDONESIAOJS INDONESIA

SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan PendidikanSIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media audio visual pada mata pelajaran matematika materi pembulatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dikelas IV di sekolah SDN Malangnengah II dengan jumlah seluruhnya adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, tes, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implmentasi media pembelajaran audio visual dilaksanakan dengan baik dan hasil dari tes berupa hasil belajar dengan nilai kognitif siswa dengan nilai tertinggi 95, nilai terendah 50, dan rata-rata 76,7 sebanyak 83% siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 17% siswa masih mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi media audio visual cocok di terapkan dalam pembelajaran matematika materi pembulatan kelas IV, dibuktikan dengan hasil kognitif menunjukkan 83% siswa telah tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70.

Implementasi media audio visual cocok di terapkan dalam pembelajaran matematika materi pembulatan kelas IV, dibuktikan dengan hasil kognitif menunjukkan 83% siswa telah tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70.Siswa merasa tertarik dan sangat berantusias dalam pembelajaran hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi bahwa siswa sangat terlihat menyimak dengan baik video yang ditayangkan.Dengan demikian, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar matematika.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa dalam materi matematika lainnya. Hal ini penting untuk mengetahui apakah efektivitas media audio visual dapat digeneralisasikan ke materi matematika yang berbeda. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika yang mengintegrasikan media audio visual dengan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran kolaboratif. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran dengan media audio visual, termasuk strategi guru dalam memilih, mengadaptasi, dan mengevaluasi efektivitas media audio visual yang digunakan.

  1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM: LANDASAN DASAR, KONSEP, DAN APLIKASI | SIBATIK JOURNAL:... publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/6PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM LANDASAN DASAR KONSEP DAN APLIKASI SIBATIK JOURNAL publish ojs indonesia index php SIBATIK article view 6
  2. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI | Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.... doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia doi 10 21831 jpai v8i2 949
  3. IMPLEMENTATION OF LECTURERS’' PERFORMANCE DURING PANDEMIC COVID 19 SITUATIONS AT HIGHER EDUCATION... doi.org/10.54443/sibatik.v1i2.7IMPLEMENTATION OF LECTURERSAo PERFORMANCE DURING PANDEMIC COVID 19 SITUATIONS AT HIGHER EDUCATION doi 10 54443 sibatik v1i2 7
  1. #model matematika#model matematika
File size265.17 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test