ASHAPUBLISHINGASHAPUBLISHING

International Journal of Administration and EducationInternational Journal of Administration and Education

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut sekolah menengah kejuruan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam teknologi perkantoran. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas implementasi praktikum pada pembelajaran teknologi perkantoran kelas XI jurusan MPLB 1 SMK Negeri 1 Gowa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lima indikator efektivitas yang dinilai adalah peningkatan pemahaman, dampak yang lebih dalam, retensi pengetahuan yang lebih baik, menghilangkan kebosanan metode hafalan, serta peningkatan kepercayaan diri. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan praktikum mampu meningkatkan pemahaman konsep teknologi perkantoran, memperkuat penerapan pengetahuan secara nyata, dan membuat pengetahuan lebih tahan lama dibanding pembelajaran teori. Temuan ini sejalan dengan teori belajar pengalaman Kolb yang menekankan pembelajaran melalui pengalaman langsung dan refleksi. Kendala utama adalah keterbatasan fasilitas laboratorium yang dapat diatasi dengan penjadwalan kreatif dan kolaborasi teman sebaya.

Implementasi praktikum pada pembelajaran teknologi perkantoran terbukti efektif melalui lima indikator utama.peningkatan pemahaman konsep secara rinci, dampak mendalam terhadap kualifikasi kemampuan, retensi pengetahuan jangka panjang, menghilangkan kebosanan metode hafalan, serta meningkatkan kepercayaan diri yang ditunjukkan kemampuan men-temani teman.

Bagaimana pengaruh penerapan praktikum berbasis simulasi virtual dalam meningkatkan keterampilan teknologi perkantoran jika dibandingkan dengan praktikum langsung di laboratorium yang terbatas? Apakah integrasi praktikum kolaboratif antar-sekolah dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan fasilitas laboratorium sambil tetap mempertahankan kualitas pembelajaran? Selain itu, bagaimana pengaruh pemberian tanggung jawab sebagai tutor sebaya terhadap peningkatan kepercayaan diri dan penguasaan materi teknologi perkantoran dalam jangka panjang, serta apakah model ini dapat dijadikan strategi untuk memperkuat retensi pengetahuan dan kesiapan kerja lulusan SMK secara berkelanjutan?.

  1. The Influence of the Application of the Demonstration Method on Student Learning Achievement on the Document... doi.org/10.70188/e6bwgt47The Influence of the Application of the Demonstration Method on Student Learning Achievement on the Document doi 10 70188 e6bwgt47
  2. The Role of School Field Introduction Program Students in the Learning Process at SMK Negeri 4 Makassar... doi.org/10.70188/fygjy051The Role of School Field Introduction Program Students in the Learning Process at SMK Negeri 4 Makassar doi 10 70188 fygjy051
  3. The Effectiveness of the Implementation of Practicum on Office Technology Learning | International Journal... doi.org/10.70188/jv6we275The Effectiveness of the Implementation of Practicum on Office Technology Learning International Journal doi 10 70188 jv6we275
  4. Analysis of the Conformity of Productive Learning Competencies with the Implementation of Industrial... journal.ashapublishing.co.id/index.php/jedal/article/view/69Analysis of the Conformity of Productive Learning Competencies with the Implementation of Industrial journal ashapublishing index php jedal article view 69
  5. CASE-BASED LEARNING DALAM ADMINISTRASI PERKANTORAN STRATEGI EFEKTIF UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DI DUNIA... repositori.ashapublishing.co.id/publications/610616/case-based-learning-dalam-administrasi-perkantoran-strategi-efektif-untuk-keunggCASE BASED LEARNING DALAM ADMINISTRASI PERKANTORAN STRATEGI EFEKTIF UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DI DUNIA repositori ashapublishing publications 610616 case based learning dalam administrasi perkantoran strategi efektif untuk keungg
File size320.99 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test