UIRUIR
Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu PengetahuanAl-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu PengetahuanArtikel ini bertujuan untuk mengkaji ranah penanaman dan pengembangan karakter bagi anak difabel dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD NU Sleman. Kajian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisa data dilakukan dengan model Spradley yakni teknik analisa data dengan pengumpulan data dilakukan secara bersamaan. Analisis ini terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis data. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter bagi anak difabel di SD NU yaitu tentang kemandirian, penerimaan diri dan sosial, dan self confidence terutama di sekolah. Dengan penanaman karakter ini, peserta difabel tidak mendapatkan persepsi negatif oleh peserta didik normal lainnya. Justru peserta didik normal mengapresiasi dan mengagumi kegigihan belajar peserta didik difabel. SD NU memiliki kurikulum terpadu dalam pembelajaran PAI agar pembentukan karakter akhlaqul karimah semakin terwujud. Peserta didik difabel ataupun yang berkebutuhan khusus lainnya berhak mendapat pendidikan agama Islam yang sama meski dengan keterbatasan yang ada. Dalam menetapkan materi, tujuan, dan metode pembelajaran agama Islam, guru mempertimbangkan kemampuan, kedalaman materi, metode, serta waktu yang tersedia.
Difabel dijelaskan sebagai individu yang melakukan aktivitas dengan cara berbeda, bukan tidak mampu.Karakter penting yang dibangun meliputi kemandirian, penerimaan diri dan sosial, serta kepercayaan diri, khususnya di lingkungan sekolah.Penanaman karakter ini membuat siswa difabel tidak diserang negatif dan mendapat apresiasi, sehingga guru menyesuaikan materi, metode, dan waktu sesuai kemampuan mereka.
1. Penelitian berikutnya dapat menilai efektivitas kurikulum karakter berbasis agama Islam terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa difabel di sekolah inklusif. 2. Perbandingan hasil karakter pembangunan yang menggunakan model Spradley dengan metode analisis wacana dapat memperkaya pemahaman tentang proses internal siswa. 3. Studi kuantitatif yang melibatkan beberapa sekolah dapat mengukur pengaruh jangka panjang karakter ini terhadap prestasi belajar dan jejaring sosial siswa difabel. 4. Penelitian lain dapat menilai dampak pelatihan guru dalam pembelajaran karakter di kelas difabel dan normal. 5. Mengembangkan instrumen pengukuran kemandirian yang terstandarisasi khusus untuk anak difabel dapat mendukung evaluasi program. 6. Penelitian eksperimental yang menambahkan komponen teknologi bantu (mis. perangkat augmentasi) dapat mengkaji peningkatan partisipasi sosial siswa. 7. Analisis longitudinal untuk meneliti perubahan persepsi guru dan teman sejajar terhadap siswa difabel setelah intervensi karakter. 8. Penelitian dapat memeriksa peran dukungan keluarga dalam memperkuat proses karakter di rumah dan sekolah. 9. Studi kualitatif yang meneliti pengalaman siswa difabel selama pembelajaran karakter dapat menghasilkan insight praktis bagi desain kurikulum. 10. Penelitian lanjutan dapat mengevaluasi tatanan kebijakan pemerintah terkait akses pendidikan agama untuk siswa difabel pada tingkat nasional.
| File size | 549.62 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Lebih lanjut, hasil Z-score mengungkapkan bahwa skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Data tersebut menunjukkan bahwa siswaLebih lanjut, hasil Z-score mengungkapkan bahwa skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Data tersebut menunjukkan bahwa siswa
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitasUntuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Kebijakan Profesionalisme guru dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru, sehingga disambut positif oleh guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul,Kebijakan Profesionalisme guru dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru, sehingga disambut positif oleh guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul,
UIRUIR Strategi yang baik dan terencana dapat dilakukan oleh guru dan orang tua.orang tua dan guru dapat melakukan berbagai kegiatan untuk merangsang anak melakukanStrategi yang baik dan terencana dapat dilakukan oleh guru dan orang tua.orang tua dan guru dapat melakukan berbagai kegiatan untuk merangsang anak melakukan
Useful /
UKIPUKIP Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada masa pandemi covid-19 terjadi kenaikan harga saham dipasar sekunder hari pertama pada perusahaan yangBerdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada masa pandemi covid-19 terjadi kenaikan harga saham dipasar sekunder hari pertama pada perusahaan yang
IBI DarmajayaIBI Darmajaya KOL berpengaruh positif signifikan terhadap brand awareness Jockey Indonesia. Brand awareness yang terbentuk turut meningkatkan customer engagement diKOL berpengaruh positif signifikan terhadap brand awareness Jockey Indonesia. Brand awareness yang terbentuk turut meningkatkan customer engagement di
USAHIDUSAHID Branding Sapta Pesona yang dilakukan oleh Pokdarwis Satupam, yaitu menggunakan papan Sapta Pesona dan komunikasi pemasaran melalui sosial media yang dapatBranding Sapta Pesona yang dilakukan oleh Pokdarwis Satupam, yaitu menggunakan papan Sapta Pesona dan komunikasi pemasaran melalui sosial media yang dapat
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Sebagai agama mayoritas, Islam memberikan pengaruh besar dalam dinamika politik Indonesia. Oleh karena itu, perjalanan bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkanSebagai agama mayoritas, Islam memberikan pengaruh besar dalam dinamika politik Indonesia. Oleh karena itu, perjalanan bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan