UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanKualitas layanan universitas memainkan peran fundamental dalam meningkatkan pengalaman mahasiswa dan membentuk profesional yang sangat kompeten. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi model multidimensional untuk menilai kualitas layanan universitas secara komprehensif di Peru, sebuah negara yang menghadapi tantangan pendidikan yang unik. Menggunakan desain kuantitatif dan potong lintang, data dikumpulkan dari 1.170 mahasiswa di 20 universitas melalui Skala Kualitas Layanan Universitas (CEUS), yang dirancang khusus untuk penelitian ini. Analisis faktor eksploratori dan konfirmatori mengidentifikasi lima dimensi kunci: Kualitas Proses Akademik dan Dukungan (QuAcSuPr), Kurikulum (Cu), Kualitas Pengajaran (TeQu), Layanan Perpustakaan (LiSe), dan Keberlanjutan Pendidikan (EdSu). Hasil menunjukkan indeks kesesuaian yang kuat (IFI=0,988, CFI=0,988, TLI=0,984, RMSEA=0,040), yang mengonfirmasi validitas dan penerapan model tersebut. Model ini memberikan kerangka kerja praktis untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan universitas di Peru, sambil juga menekankan pentingnya mengintegrasikan keberlanjutan pendidikan sebagai dimensi kunci untuk mempersiapkan lulusan yang bertanggung jawab secara sosial. Penelitian selanjutnya dapat mengadaptasi model ini ke konteks lain dan mengeksplorasi penerapannya dalam pola pembelajaran seperti pembelajaran daring.
Penelitian ini mengembangkan dan memvalidasi model multidimensional untuk menilai kualitas layanan universitas dalam konteks Peru.Model yang divalidasi ini mengidentifikasi lima dimensi penting.Kualitas Proses Akademik dan Dukungan (QuAcSuPr), Kurikulum (Cu), Kualitas Pengajaran (TeQu), Layanan Perpustakaan (LiSe), dan Keberlanjutan Pendidikan (EdSu).Pencantuman Keberlanjutan Pendidikan menunjukkan kontribusi signifikan, menekankan peran universitas dalam mempersiapkan lulusan yang bertanggung jawab secara sosial.Model ini tidak hanya berfungsi sebagai alat diagnostik yang robust untuk institusi untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengalokasikan sumber daya secara strategis tetapi juga sebagai mekanisme untuk benchmarking di seluruh sektor.Akibatnya, ini memungkinkan pengambilan keputusan yang berbasis data untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dan daya saing institusi.
Untuk penelitian lanjutan, bagaimana jika kita mengeksplorasi pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa di universitas-universitas swasta dan negeri di Peru? Mengingat bahwa menghadapi tantangan pendidikan yang unik, pengembangan model lebih lanjut yang mengintegrasikan teknologi digital dalam penyampaian layanan akademik juga penting. Selain itu, peneliti dapat melakukan studi longitudinal untuk menilai efek jangka panjang dari kualitas layanan universitas terhadap kesuksesan karir lulusan. Dengan pendekatan ini, kita dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam mengenai hubungan antara kualitas layanan dan hasil pendidikan di perguruan tinggi.
- Los planes de estudios: el eslabón perdido entre la universidad y la sociedad | Horizontes. Revista... revistahorizontes.org/index.php/revistahorizontes/article/view/627Los planes de estudios el eslabyn perdido entre la universidad y la sociedad Horizontes Revista revistahorizontes index php revistahorizontes article view 627
- University service quality measurement model in Peru: Multifactorial validation | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v44i3.82747University service quality measurement model in Peru Multifactorial validation Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v44i3 82747
- Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/GKMC-03-2020-0027Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 GKMC 03 2020 0027
- Psychometric properties the Iranian version of Older People’s Quality Of Life questionnaire (OPQOL)... hqlo.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12955-018-1002-zPsychometric properties the Iranian version of Older PeopleAos Quality Of Life questionnaire OPQOL hqlo biomedcentral articles 10 1186 s12955 018 1002 z
- Assessing quality in higher education: new criteria for evaluating studentsâ satisfaction:... doi.org/10.1080/13538322.2011.582796Assessing quality in higher education new criteria for evaluating studentsyAAAo satisfaction doi 10 1080 13538322 2011 582796
| File size | 388.36 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Kepatuhan ketat terhadap protokol etis dipertahankan, termasuk persetujuan yang diinformasikan, kerahasiaan, dan partisipasi sukarela. Sembilan tema muncul:Kepatuhan ketat terhadap protokol etis dipertahankan, termasuk persetujuan yang diinformasikan, kerahasiaan, dan partisipasi sukarela. Sembilan tema muncul:
UNYUNY Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai historis keramik periode Sriwijaya dari Sungai Musi danMenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai historis keramik periode Sriwijaya dari Sungai Musi dan
UNYUNY Model ini memposisikan pendidikan sebagai kekuatan sentral untuk mengembangkan pola pikir yang seimbang dalam lingkungan multikultural, mengintegrasikanModel ini memposisikan pendidikan sebagai kekuatan sentral untuk mengembangkan pola pikir yang seimbang dalam lingkungan multikultural, mengintegrasikan
EDUPEDEDUPED Instrumen kemampuan literasi numerasi dibuat dengan mengumpulkan beberapa definisi terkait literasi dan numerasi. Setelah kedua kata tersebut disimpulkanInstrumen kemampuan literasi numerasi dibuat dengan mengumpulkan beberapa definisi terkait literasi dan numerasi. Setelah kedua kata tersebut disimpulkan
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Transformasi digital yang pesat dalam layanan kesehatan telah memerlukan solusi teknologi inovatif yang dapat mengatasi keterbatasan geografis dan meningkatkanTransformasi digital yang pesat dalam layanan kesehatan telah memerlukan solusi teknologi inovatif yang dapat mengatasi keterbatasan geografis dan meningkatkan
OJSOJS Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model Kemmis dan Mc. Taggart dalam dua siklus. PenelitianBerdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model Kemmis dan Mc. Taggart dalam dua siklus. Penelitian
UNYUNY Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas NegeriEksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri
UNYUNY Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, danSubjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan, guru ekonomi, dan guru kewirusahaan. Pengumpulan data lewat angket, dokumentasi, dan
Useful /
METROMETRO Oleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat bagi lembaga pendidikan Islam untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian dari upaya meningkatkanOleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat bagi lembaga pendidikan Islam untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa meskipun kompetensi inti seperti drafting 2D dan pemodelan 3D dasar telah tercakup dengan baik dan sangat relevan, terdapat kesenjanganHasil menunjukkan bahwa meskipun kompetensi inti seperti drafting 2D dan pemodelan 3D dasar telah tercakup dengan baik dan sangat relevan, terdapat kesenjangan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tinjauan sistematis terhadap 280 studi tentang implementasi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan kejuruan menunjukkan minat yang terus meningkat danTinjauan sistematis terhadap 280 studi tentang implementasi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan kejuruan menunjukkan minat yang terus meningkat dan
OJSOJS Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Auditory, Intellectual and Repetition (AIR) terhadap adversity quotien.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Auditory, Intellectual and Repetition (AIR) terhadap adversity quotien.