UNNESUNNES

Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu Kependidikan

Latar belakang penelitian ini adalah observasi peneliti di Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Jabal Rahmah yang menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat konsep diri akademik yang rendah. Konsep diri akademik yang rendah dapat menyebabkan siswa mudah putus asa, kehilangan motivasi belajar, dan enggan berpartisipasi aktif di kelas karena mereka merasa kurang cerdas dibandingkan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah bimbingan kelompok menggunakan teknik scaling efektif dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan model one-group pretest–post-test. Partisipan terdiri dari delapan siswa dengan tingkat konsep diri akademik yang rendah, yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner konsep diri akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik scaling efektif dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, yang menghasilkan nilai Z sebesar -2.527 dengan nilai p sebesar 0.012. Karena nilai p < 0.05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test.

Bimbingan kelompok menggunakan teknik scaling dapat dimanfaatkan sebagai bentuk intervensi untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya dalam mengatasi masalah psikologis terkait aspek akademik siswa.Studi ini menawarkan kebaruan dengan menekankan efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik pertanyaan scaling dalam meningkatkan konsep diri akademik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan melibatkan kelompok kontrol untuk membandingkan efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik scaling dengan metode intervensi lainnya dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa. Kedua, penelitian dapat diperluas dengan menginvestigasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi konsep diri akademik siswa, seperti gaya belajar, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah. Ketiga, penelitian kualitatif dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengalaman siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik scaling, termasuk persepsi mereka tentang manfaat dan tantangan dari intervensi tersebut. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik scaling dapat dioptimalkan untuk membantu siswa mengembangkan konsep diri akademik yang positif dan mencapai potensi akademik mereka secara maksimal. Dengan demikian, layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat menjadi lebih efektif dalam mendukung perkembangan psikologis dan akademik siswa.

  1. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Perilaku Konsumtif... journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK/article/view/4171Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Perilaku Konsumtif journal iaincurup ac index php JBK article view 4171
  2. The Effectiveness of Group Guidance Using the Scaling Technique in Improving Students’ Academic... journal.unnes.ac.id/journals/LIK/article/view/33585The Effectiveness of Group Guidance Using the Scaling Technique in Improving StudentsAo Academic journal unnes ac journals LIK article view 33585
  3. Solution Focused Brief Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja | Eryanti | Prophetic : Professional,... syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/7598Solution Focused Brief Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja Eryanti Prophetic Professional syekhnurjati ac jurnal index php prophetic article view 7598
  1. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
File size314.46 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test