IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kecemasan presentasi lisan dan strategi coping yang digunakan oleh mahasiswa non-English major di Universitas Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 130 responden. Hasil menunjukkan tingkat kecemasan yang sedang, terutama terkait dengan bahasa dan evaluasi. Strategi coping yang paling umum digunakan adalah strategi sosial-afektif seperti self-talk dan relaksasi, diikuti oleh strategi fluency-oriented. Analisis One-Way ANOVA menunjukkan perbedaan signifikan dalam penggunaan strategi coping berdasarkan tingkat kecemasan. Strategi sosial-afektif dan fluency-specific lebih umum di kalangan mahasiswa dengan kecemasan tinggi, sementara strategi penyederhanaan pesan lebih populer di kalangan mahasiswa dengan kecemasan sedang. Penelitian ini menyarankan intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi untuk meningkatkan kualitas presentasi.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa non-English major di Universitas Bengkulu mengalami tingkat kecemasan presentasi lisan yang sedang, dengan sumber utama kecemasan adalah bahasa dan evaluasi.Strategi coping yang paling umum digunakan adalah strategi sosial-afektif dan fluency-oriented.Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam penggunaan strategi coping berdasarkan tingkat kecemasan.Mahasiswa dengan kecemasan tinggi lebih sering menggunakan strategi sosial-afektif dan fluency-specific, sementara mahasiswa dengan kecemasan sedang lebih sering menggunakan strategi penyederhanaan pesan.Penelitian ini menyarankan intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi untuk meningkatkan kualitas presentasi.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian lebih dalam tentang dampak intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi terhadap penurunan kecemasan presentasi lisan. Selain itu, dapat dilakukan penelitian tentang perbedaan strategi coping antara mahasiswa non-English major dan English major. Penelitian juga dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi seperti AI dalam membantu mahasiswa mengatasi kecemasan presentasi lisan. Selain itu, dapat dilakukan penelitian tentang perbedaan strategi coping berdasarkan faktor demografis seperti jenis kelamin, usia, dan latar belakang akademik. Penelitian lanjutan juga dapat mengeksplorasi dampak lingkungan belajar yang mendukung terhadap penurunan kecemasan presentasi lisan.
- Foreign Language Speaking Anxiety among Chinese English Majors: Causes, Effects and Strategies | Journal... drpress.org/ojs/index.php/EHSS/article/view/5009Foreign Language Speaking Anxiety among Chinese English Majors Causes Effects and Strategies Journal drpress ojs index php EHSS article view 5009
- Undergraduate Students’ Understanding of Public Speaking Anxiety in English Language Classroom... doi.org/10.51474/jrtp/15760Undergraduate StudentsAo Understanding of Public Speaking Anxiety in English Language Classroom doi 10 51474 jrtp 15760
- A Study of Academic Oral Presentation Anxiety and Strategy Employment of EFL Graduate Students | Indonesian... doi.org/10.21462/IJEFL.V3I2.78A Study of Academic Oral Presentation Anxiety and Strategy Employment of EFL Graduate Students Indonesian doi 10 21462 IJEFL V3I2 78
| File size | 660.44 KB |
| Pages | 31 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Sebagian besar mahasiswa berada dalam kategori kecemasan sedang (56,8%), mengindikasikan bahwa lebih dari separuh populasi mahasiswa mengalami rasa takutSebagian besar mahasiswa berada dalam kategori kecemasan sedang (56,8%), mengindikasikan bahwa lebih dari separuh populasi mahasiswa mengalami rasa takut
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Specifically, enjoyment appears to be a stronger mediator than ideal L2 self in the relationship between autonomy support and engagement, suggesting thatSpecifically, enjoyment appears to be a stronger mediator than ideal L2 self in the relationship between autonomy support and engagement, suggesting that
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI This study examines the ethical implications of the AI-assisted writing tools integration, such as Grammarly, in English language instruction, based onThis study examines the ethical implications of the AI-assisted writing tools integration, such as Grammarly, in English language instruction, based on
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Peserta cenderung menggunakan bahasa Inggris secara eksklusif dalam situasi formal, meskipun mereka mengakui manfaat translanguaging dalam diskusi kelompok.Peserta cenderung menggunakan bahasa Inggris secara eksklusif dalam situasi formal, meskipun mereka mengakui manfaat translanguaging dalam diskusi kelompok.
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini meneliti bagaimana YouTube dan WhatsApp berfungsi sebagai alat pembelajaran kolaboratif yang saling melengkapi dalam kursus membaca EFL,Penelitian ini meneliti bagaimana YouTube dan WhatsApp berfungsi sebagai alat pembelajaran kolaboratif yang saling melengkapi dalam kursus membaca EFL,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2, 70 siswa dibagi menjadi dua kelompok dengan tingkat inteligensi intrapersonal tinggi (B1) dan rendah (B2).Menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2, 70 siswa dibagi menjadi dua kelompok dengan tingkat inteligensi intrapersonal tinggi (B1) dan rendah (B2).
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Dari 62 mahasiswa yang menulis esai, 5 dipilih untuk wawancara semi-terstruktur menggunakan purposive sampling dalam studi mixed methods secara bersamaan.Dari 62 mahasiswa yang menulis esai, 5 dipilih untuk wawancara semi-terstruktur menggunakan purposive sampling dalam studi mixed methods secara bersamaan.
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak penerapan OCF terhadap kecemasan siswa saat berbicara dalam bahasa Inggris di kelas. Pendekatan penelitianPenelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak penerapan OCF terhadap kecemasan siswa saat berbicara dalam bahasa Inggris di kelas. Pendekatan penelitian