UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini mengkaji bagaimana mahasiswa sarjana memandang dan mengalami strategi Flipped Classroom dalam kursus berbicara Bahasa Inggris Bisnis. Dalam model ini, pengajaran dilakukan di luar kelas melalui video dan bahan bacaan sehingga sesi di kelas dapat digunakan untuk aktivitas interaktif. Meskipun Flipped Classroom banyak digunakan dalam konteks EFL umum, bukti efektivitasnya dalam Bahasa Inggris Bisnis, yang termasuk dalam English for Specific Purposes (ESP), masih terbatas. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods. Survei dengan skala Likert 14 butir diisi oleh 133 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk menilai persepsi terhadap efisiensi, keterlibatan, manajemen waktu, dan kepuasan. Wawancara semi-terstruktur dengan tujuh sukarelawan memberikan wawasan tentang persiapan, rasa percaya diri, kecemasan, dan kolaborasi. Hasil kuantitatif menunjukkan persepsi positif: rata-rata efisiensi 3,91, motivasi dan keterlibatan 3,76, manajemen waktu dan kesenangan 3,73, serta kepuasan 4,24. Wawancara menekankan bahwa persiapan sebelum kelas meningkatkan pembelajaran mandiri, memperkuat rasa percaya diri, mengurangi kecemasan berbicara, dan mendorong kerja sama tim. Lingkup penelitian yang hanya satu institusi dan jumlah sampel yang terbatas membatasi generalisasi; disarankan studi lebih besar dan beragam dengan ukuran objektif. Untuk praktik, pendidik sebaiknya menyediakan materi pra-kelas yang ringkas, instruksi jelas, dukungan teknologi memadai, serta merancang aktivitas kelas yang berpusat pada peserta didik dan bersifat komunikatif. Temuan ini memberikan kontribusi pada literatur terbatas tentang Flipped Classroom dalam Bahasa Inggris Bisnis dan menunjukkan potensinya dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan otonomi pembelajar pada kursus bahasa profesional.
Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa universitas di Indonesia memiliki persepsi positif terhadap penerapan Flipped Classroom dalam kursus Bahasa Inggris Bisnis, dengan tingkat kepuasan yang tinggi serta peningkatan kesiapan dan motivasi belajar.Materi pra-kelas melalui video memberikan dasar pemahaman yang baik untuk aktivitas kolaboratif selama sesi kelas, namun tantangan seperti manajemen waktu dan akses teknologi masih perlu diperhatikan.Hasil menunjukkan bahwa Flipped Classroom dapat meningkatkan kemampuan komunikasi profesional, kemandirian belajar, dan rasa percaya diri, tetapi efektivitasnya bergantung pada desain materi yang tepat dan dukungan teknologi yang memadai.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana model blended learning yang menggabungkan Flipped Classroom dengan pendekatan berbasis masalah atau pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan hasil pembelajaran dalam konteks Bahasa Inggris Bisnis. Selain itu, studi dengan cakupan yang lebih luas dan melibatkan berbagai tingkat kemahiran bahasa serta institusi yang berbeda diperlukan untuk menguji generalisasi hasil yang diperoleh. Penelitian juga bisa dilakukan untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi baru seperti AI atau realitas virtual dapat memperkaya pengalaman belajar dan hasil profesional dalam penerapan Flipped Classroom di ESP.
- Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education: a state-of-the-art review... bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-021-03052-5Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education a state of the art review bmcmededuc biomedcentral articles 10 1186 s12909 021 03052 5
- Flipped classroom with gamified technology and paper-based method for teaching vocabulary | Asian-Pacific... sfleducation.springeropen.com/articles/10.1186/s40862-023-00222-4Flipped classroom with gamified technology and paper based method for teaching vocabulary Asian Pacific sfleducation springeropen articles 10 1186 s40862 023 00222 4
| File size | 1.16 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan 4C mahasiswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 diHasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan 4C mahasiswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 62,38 di siklus pertama menjadi 81,77 di
POLIMEDIAPOLIMEDIA Seminar juga memberikan pemahaman tentang budaya kerja di Jepang serta strategi menghadapi pasar kerja global. Kolaborasi antara institusi pendidikan danSeminar juga memberikan pemahaman tentang budaya kerja di Jepang serta strategi menghadapi pasar kerja global. Kolaborasi antara institusi pendidikan dan
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Gamifikasi dapat mengatasi tantangan belajar umum seperti rentang perhatian pendek dan motivasi rendah dengan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif,Gamifikasi dapat mengatasi tantangan belajar umum seperti rentang perhatian pendek dan motivasi rendah dengan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif,
GOMITGOMIT Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa Game Based Learning dengan media teka-teki silang efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata dasar bahasa InggrisKesimpulan penelitian menyatakan bahwa Game Based Learning dengan media teka-teki silang efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata dasar bahasa Inggris
Useful /
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Baik buruknya kepribadian guru akan mempengaruhi kepribadian peserta didik. Karena beberapa peserta didik akan meniru apa yang dilihat, bukan yang dikatakan.Baik buruknya kepribadian guru akan mempengaruhi kepribadian peserta didik. Karena beberapa peserta didik akan meniru apa yang dilihat, bukan yang dikatakan.
KKPKKP Setelah induksi, jumlah jantan yang matures yang ditunjukkan oleh pelepasan spermatofora dari ampula terminal lebih tinggi pada udang yang diinduksi denganSetelah induksi, jumlah jantan yang matures yang ditunjukkan oleh pelepasan spermatofora dari ampula terminal lebih tinggi pada udang yang diinduksi dengan
KKPKKP Sebagai kesimpulan, aplikasi dosis 7,5 µg/100 µL vaksin DNA GP-11 memberikan efektivitas yang setara dengan dosis 12,5 µg/100 µL GP-25 terkaitSebagai kesimpulan, aplikasi dosis 7,5 µg/100 µL vaksin DNA GP-11 memberikan efektivitas yang setara dengan dosis 12,5 µg/100 µL GP-25 terkait
KKPKKP Ikan ini memiliki potensi tinggi untuk dilepaskan dan dimanfaatkan untuk sektor budidaya ikan guna meningkatkan produksi nasional. Namun, belum ada informasiIkan ini memiliki potensi tinggi untuk dilepaskan dan dimanfaatkan untuk sektor budidaya ikan guna meningkatkan produksi nasional. Namun, belum ada informasi