SAINTEKMUSAINTEKMU
Jurnal VisualikaJurnal VisualikaPengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan. Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua. Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat. Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data. Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa. Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.
Pengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan.Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua.Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat.Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data.Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa.Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan.Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.Sistem informasi berbasis web yang dikembangkan mampu mengorganisasi data siswa, guru, mata pelajaran, dan nilai secara efektif dan efisien, sehingga memenuhi tujuan penelitian untuk membangun sistem terintegrasi.Penelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem ini dengan mengeksplorasi integrasi fitur analisis prediktif berbasis data nilai historis untuk memprediksi potensi kesulitan belajar siswa secara dini, sehingga guru dapat memberikan intervensi tepat waktu.Selain itu, studi baru dapat menguji penerapan sistem ini pada skala lebih luas, misalnya di beberapa sekolah menengah lain di Jakarta, untuk mengevaluasi keterbacaan, keandalan, dan kebutuhan pelatihan berbeda berdasarkan konteks pengguna yang lebih beragam.Terakhir, peneliti dapat mengembangkan versi mobile dari sistem ini dengan notifikasi otomatis kepada orang tua saat terjadi perubahan nilai atau kehadiran, serta mengintegrasikan ke dalam platform sekolah digital yang sudah ada, seperti aplikasi Dapodik, untuk menciptakan ekosistem manajemen pendidikan yang terpadu dan berkelanjutan.Pemberian akses real-time kepada siswa dan orang tua meningkatkan transparansi pendidikan dan mendukung partisipasi aktif dalam pemantauan perkembangan akademik.Pengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan.Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua.Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat.Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data.Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa.Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan.Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem ini dengan mengeksplorasi integrasi fitur analisis prediktif berbasis data nilai historis untuk memprediksi potensi kesulitan belajar siswa secara dini, sehingga guru dapat memberikan intervensi tepat waktu. Selain itu, studi baru dapat menguji penerapan sistem ini pada skala lebih luas, misalnya di beberapa sekolah menengah lain di Jakarta, untuk mengevaluasi keterbacaan, keandalan, dan kebutuhan pelatihan berbeda berdasarkan konteks pengguna yang lebih beragam. Terakhir, peneliti dapat mengembangkan versi mobile dari sistem ini dengan notifikasi otomatis kepada orang tua saat terjadi perubahan nilai atau kehadiran, serta mengintegrasikan ke dalam platform sekolah digital yang sudah ada, seperti aplikasi Dapodik, untuk menciptakan ekosistem manajemen pendidikan yang terpadu dan berkelanjutan.
| File size | 940.98 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SAINTEKMUSAINTEKMU Tahap-tahap dalam SDLC yang diterapkan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan aplikasi, pengujian, dan pemeliharaan. Selain itu,Tahap-tahap dalam SDLC yang diterapkan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan aplikasi, pengujian, dan pemeliharaan. Selain itu,
SAINTEKMUSAINTEKMU Pada metodologi pengembangan aplikasi menggunakan metode SDLC dengan model waterfall, terdiri dari tahapan: analisis, desain, implementasi, pengujian danPada metodologi pengembangan aplikasi menggunakan metode SDLC dengan model waterfall, terdiri dari tahapan: analisis, desain, implementasi, pengujian dan
SAINTEKMUSAINTEKMU Dengan sistem ini, pengguna dapat dengan mudah melihat dan menganalisis data nilai secara real-time, yang memberikan manfaat bagi efisiensi operasionalDengan sistem ini, pengguna dapat dengan mudah melihat dan menganalisis data nilai secara real-time, yang memberikan manfaat bagi efisiensi operasional
SAINTEKMUSAINTEKMU Implementasi sistem pembayaran mahasiswa berbasis web secara signifikan meningkatkan efisiensi dan akurasi proses pembayaran SPP di Universitas SaintekImplementasi sistem pembayaran mahasiswa berbasis web secara signifikan meningkatkan efisiensi dan akurasi proses pembayaran SPP di Universitas Saintek
Useful /
SAINTEKMUSAINTEKMU Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan proses waterfall sampai tahap pemeliharaan (maintenance).Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan proses waterfall sampai tahap pemeliharaan (maintenance).
SAINTEKMUSAINTEKMU Sistem yang dikembangkan pada penelitian ini menggunakan metode air terjun dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan dengan UML, dan implementasiSistem yang dikembangkan pada penelitian ini menggunakan metode air terjun dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan dengan UML, dan implementasi
UNDIPUNDIP Hasil: Terdapat 126 peserta yang direkrut, dengan 69 (54. 8%) memiliki prediabetes berdasarkan tingkat IFG. Usia (p=0. 035), olahraga teratur (p=0. 015),Hasil: Terdapat 126 peserta yang direkrut, dengan 69 (54. 8%) memiliki prediabetes berdasarkan tingkat IFG. Usia (p=0. 035), olahraga teratur (p=0. 015),
UNILAUNILA Variabel yang diamati yaitu jenis anggrek, populasi dan pola penyebaran anggrek Eria spp. Berdasarkan hasil penelitian, populasi anggrek Eria spp. ditemukanVariabel yang diamati yaitu jenis anggrek, populasi dan pola penyebaran anggrek Eria spp. Berdasarkan hasil penelitian, populasi anggrek Eria spp. ditemukan