ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaBerpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto dengan instrumen angket dan tes berpikir kreatif yang dikembangkan sendiri. Sebanyak 285 siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Malili dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematikanya termasuk cukup kreatif. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif.
Kemandirian belajar siswa di Kecamatan Malili berada pada kategori sedang, dan kemampuan berpikir kreatif matematika mereka termasuk cukup kreatif.Terdapat pengaruh signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.Penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak mempertimbangkan variabel lain seperti motivasi dan gaya belajar yang juga dapat memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.
Penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kemandirian belajar untuk melihat apakah motivasi memperkuat pengaruh kemandirian belajar terhadap berpikir kreatif matematika. Selain itu, perlu ada studi yang membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran daring dan luring dengan mempertimbangkan tingkat kemandirian belajar mereka. Terakhir, penelitian yang mengkaji dampak gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) terhadap efektivitas kemandirian belajar dalam meningkatkan berpikir kreatif matematika akan memberikan wawasan lebih dalam bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
- KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19: SELF-REGULATED... doi.org/10.21009/pip.342.9KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 SELF REGULATED doi 10 21009 pip 342 9
- Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/386Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 386
- The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics... ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/68836The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics ccsenet journal index php ies article view 68836
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
| File size | 354.3 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES Karena nilai p < 0. 05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Bimbingan kelompok menggunakan teknikKarena nilai p < 0. 05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Bimbingan kelompok menggunakan teknik
UNDIKSHAUNDIKSHA Prototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitasPrototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitas
ETDCIETDCI Dari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutamaDari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutama
UNYUNY Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran yang dirancang oleh penulis selama tahun akademik. Hasil analisis statistik menunjukkanMahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran yang dirancang oleh penulis selama tahun akademik. Hasil analisis statistik menunjukkan
Useful /
UNNESUNNES Selain itu, kreativitas dan motivasi terbukti penting dalam proses menulis cerita rakyat. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahamanSelain itu, kreativitas dan motivasi terbukti penting dalam proses menulis cerita rakyat. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman
UNIDAUNIDA Selain itu, PBMA juga merupakan produk yang relatif baru, dan informasi tentangnya belum tersebar luas. Responden menunjukkan beberapa mispersepsi terhadapSelain itu, PBMA juga merupakan produk yang relatif baru, dan informasi tentangnya belum tersebar luas. Responden menunjukkan beberapa mispersepsi terhadap
UNIDAUNIDA Temuan ini memberikan wawasan strategis untuk memandu pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan strategi pariwisata yang terintegrasiTemuan ini memberikan wawasan strategis untuk memandu pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan strategi pariwisata yang terintegrasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of MomentTeknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment