ETDCIETDCI

Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika

Berpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto dengan instrumen angket dan tes berpikir kreatif yang dikembangkan sendiri. Sebanyak 285 siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Malili dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematikanya termasuk cukup kreatif. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif.

Kemandirian belajar siswa di Kecamatan Malili berada pada kategori sedang, dan kemampuan berpikir kreatif matematika mereka termasuk cukup kreatif.Terdapat pengaruh signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.Penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak mempertimbangkan variabel lain seperti motivasi dan gaya belajar yang juga dapat memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kemandirian belajar untuk melihat apakah motivasi memperkuat pengaruh kemandirian belajar terhadap berpikir kreatif matematika. Selain itu, perlu ada studi yang membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran daring dan luring dengan mempertimbangkan tingkat kemandirian belajar mereka. Terakhir, penelitian yang mengkaji dampak gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) terhadap efektivitas kemandirian belajar dalam meningkatkan berpikir kreatif matematika akan memberikan wawasan lebih dalam bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

  1. KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19: SELF-REGULATED... doi.org/10.21009/pip.342.9KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 SELF REGULATED doi 10 21009 pip 342 9
  2. Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/386Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 386
  3. The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics... ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/68836The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics ccsenet journal index php ies article view 68836
  4. Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
  1. #kemandirian belajar#kemandirian belajar
  2. #kreatif siswa#kreatif siswa
File size354.3 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test