SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunKontak dengan penjajah menjadi faktor penting dalam munculnya kesadaran feminis di negara-negara yang dijajah seperti Indonesia. Namun, perkembangan kesadaran feminis tidak hanya dipengaruhi oleh ide-ide kolonial secara pasif. Kesadaran awal tentang pendidikan Islam untuk perempuan Muslim menunjukkan kontribusi besar Islam dan perempuan Muslim terhadap ide-ide feminis awal di Indonesia. Pendidikan Islam bagi perempuan dimaksudkan untuk menjawab masalah kurangnya pemberdayaan perempuan dalam kehidupan keluarga dan sosial. Ide pendidikan untuk pemberdayaan perempuan berubah menjadi bagian dari gerakan nasional melawan kolonialisme ketika akhirnya membuahkan pendirian organisasi perempuan Muslim yang menjadikan Islam sebagai alat kritis. Pendirian organisasi perempuan Muslim merupakan upaya internal yang kritis terhadap nilai-nilai dan struktur patriarki dalam konteks Islam. Saya berargumen bahwa agenda feminis seperti pendidikan Islam untuk perempuan dan organisasi perempuan Muslim merupakan bagian integral dari gerakan reformasi Islam.
Perempuan Muslim memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan gerakan feminis di sejarah Indonesia.Meskipun ide Kartini tentang pendidikan perempuan yang lahir dari interaksinya dengan rekan Belanda menjadi inspirasi utama, ide perempuan Muslim tentang pendidikan Islam menunjukkan bahwa kesadaran feminis dalam konteks kolonial bukan hanya hasil dari pertemuan dengan kolonial.Kesadaran feminis juga berkembang melalui refleksi diri terhadap kondisi perempuan Muslim serta interaksi sosial, akademik, dan personal dalam komunitas Muslim secara lokal, nasional, dan trans-nasional.Kontribusi ini juga terlihat dalam partisipasi aktif organisasi perempuan Muslim dalam gerakan nasional yang menantang baik kolonialisme maupun dominasi laki-laki dalam gerakan nasional.Akhirnya, kontribusi perempuan Muslim mencerminkan bahwa agenda feminis Islam tidak dapat dipisahkan dari gerakan reformasi Islam, yang menunjukkan dimensi progresif dari Islam dan masyarakat Muslim di Indonesia masa kolonial.
Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi lebih dalam hubungan antara ide pendidikan perempuan Muslim di era 1920-an dengan perkembangan gerakan nasional yang lebih luas. Apakah ada faktor lokal lain selain interaksi kolonial yang turut membentuk pemikiran feminis awal pada perempuan Muslim di Indonesia? Penelitian selanjutnya juga bisa mengkaji bagaimana organisasi perempuan Muslim seperti Aisyiyah berhasil mempertahankan otonomi mereka dalam menjalankan agenda feminis di tengah kontrol kolonial dan dominasi laki-laki. Selain itu, perlu diteliti bagaimana model pendidikan yang dikembangkan oleh tokoh seperti Rahmah Al-Yunusiyah dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan pendidikan perempuan Muslim di era modern, terutama dalam konteks membangun kepemimpinan perempuan. Hal ini penting untuk memahami keberlanjutan kontribusi perempuan Muslim terhadap kesetaraan gender dan gerakan feminis kontemporer. Dengan memahami pengalaman historis ini, mungkin dapat dirancang model pendidikan yang lebih inklusif dan kritis bagi perempuan Muslim saat ini. Penelitian seperti ini dapat memberikan wawasan baru tentang dinamika peran gender dalam tradisi Islam yang sering dianggap statis. Juga menarik untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari gerakan pendidikan perempuan awal terhadap struktur sosial dan keagamaan di masyarakat Muslim Indonesia. Terakhir, analisis komparatif antara tokoh-tokoh feminis Muslim di Indonesia dengan gerakan feminis global, khususnya dari negara-negara dengan tradisi Islam serupa, sangat penting untuk mengetahui keunikan dan kesamaan dalam perjuangan mereka.
| File size | 903.82 KB |
| Pages | 21 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UINUIN Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat dua model poligami yang dilakukan oleh ulama Madura, yaitu poligami yang dilakukan atas kehendak suamiHasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat dua model poligami yang dilakukan oleh ulama Madura, yaitu poligami yang dilakukan atas kehendak suami
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT baik, yang mencakup semua perilaku yang dianggap etis benar, dan buruk, yang dianggap etis salah. Konsep pendidikan moral bertujuan untuk membentuk manusiabaik, yang mencakup semua perilaku yang dianggap etis benar, dan buruk, yang dianggap etis salah. Konsep pendidikan moral bertujuan untuk membentuk manusia
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa rekrutmen dan seleksi yang baik berkontribusi positif pada kinerja kepala sekolah, meskipun masih dipengaruhi oleh faktor lainHasil menunjukkan bahwa rekrutmen dan seleksi yang baik berkontribusi positif pada kinerja kepala sekolah, meskipun masih dipengaruhi oleh faktor lain
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Provinsi Aceh dengan keistimewaan pendidikan, adat, dan budayanya serta memiliki Qanun tentang pendidikan Islam seharusnya segera merumuskan konsep nyataProvinsi Aceh dengan keistimewaan pendidikan, adat, dan budayanya serta memiliki Qanun tentang pendidikan Islam seharusnya segera merumuskan konsep nyata
Useful /
UMMUMM Kerja digital tidak hanya mencakup ranah digital luas, tetapi juga berdampak pada berbagai aktivitas, mengubah tugas tradisional menjadi proses yang dikelolaKerja digital tidak hanya mencakup ranah digital luas, tetapi juga berdampak pada berbagai aktivitas, mengubah tugas tradisional menjadi proses yang dikelola
UMMUMM Pernikahan anak di era digital merupakan fenomena yang menarik karena jenis pernikahan ini dikategorikan sebagai kekerasan seksual. Namun demikian, pernikahanPernikahan anak di era digital merupakan fenomena yang menarik karena jenis pernikahan ini dikategorikan sebagai kekerasan seksual. Namun demikian, pernikahan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Atribut kepemimpinan yang efektif dan pemilihan strategi komunikasi bervariasi sesuai konteks budaya; namun, dimensi kepemimpinan berbasis nilai atau karismatikAtribut kepemimpinan yang efektif dan pemilihan strategi komunikasi bervariasi sesuai konteks budaya; namun, dimensi kepemimpinan berbasis nilai atau karismatik
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan materi ajar dalam bentuk buku teks; oleh karena itu, penelitian ini dilakukan selama tiga tahun. TahunTujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan materi ajar dalam bentuk buku teks; oleh karena itu, penelitian ini dilakukan selama tiga tahun. Tahun