UNDIPUNDIP

Nurse Media Journal of NursingNurse Media Journal of Nursing

Di institusi pendidikan tinggi, peran tenaga pengajar keperawatan sangat penting untuk mencetak tenaga perawat yang profesional. Transisi dari peran tenaga keperawatan klinis ke posisi dosen keperawatan sering menjadi tantangan tersendiri bagi para spesialis keperawatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman transisi akselerasi tenaga keperawatan klinis menjadi dosen keperawatan novice di Universitas Pengembangan Daerah di Thailand. Metode yang digunakan adalah fenomenologi hermeneutik Heideggerian dengan teknik purposive sampling terhadap delapan dosen keperawatan novice. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, catatan lapangan, dan rekaman suara, lalu ditranskrip dan dianalisis menggunakan metode tematik van Manen. Hasilnya muncul lima tema utama: (1) motivasi menjadi dosen (karier sukses, pelayanan masyarakat), (2) belajar bekerja mandiri, (3) belajar dan mengajar melalui layanan pembangunan lokal, (4) mencari dukungan (kolaborasi teman sekerja, moral mahasiswa), dan (5) maju dengan percaya diri. Penelitian menegaskan pentingnya orientasi dan program mentor bagi tenaga keperawatan yang memulai karier akademik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman transisi dari profesional keperawatan klinis menjadi dosen keperawatan di universitas pengembangan wilayah sangat menantang bagi kedua belah pihak, yakni administrator dan dosen itu sendiri.Adaptasi kerja dengan komunitas diperlukan untuk menyelesaikan misi pembangunan berkelanjutan universitas.Sehingga, pelatihan orientasi dan program mentor yang efektif akan mendukung dosen baru meminimalkan stres, kecemasan, serta kebingungan, sekaligus meningkatkan partisipasi dalam pembangunan masyarakat.Setelah melewati fase adaptasi dan memperbaiki diri, dosen dapat bekerja dengan percaya diri.

Pertama, perlu dilakukan evaluasi eksperimental terhadap struktur program orientasi dan mentorship bagi nurse lecturers yang berasal dari latar belakang klinis di universitas pengembangan daerah sehingga dapat diteliti apakah intervensi tersebut meningkatkan kompetensi pengajaran, kepuasan kerja, dan menurunkan tingkat stres. Kedua, studi longitudinal kualitatif dapat mengamati perkembangan persepsi dan self‑efficacy nurse lecturers sepanjang fase transisi, serta mengidentifikasi faktor‑faktor yang mempengaruhi retensi jangka panjang dalam konteks universitas yang berbeda. Ketiga, analisis kuantitatif cross‑sectional dapat menguji hubungan antara partisipasi dalam service learning berbasis komunitas dan peningkatan kompetensi praktis mahasiswa, sekaligus menilai dampak terhadap persepsi stakeholder dan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat lokal. Keempat, sebuah studi komparatif dapat membandingkan hasil belajar dan pengalaman kerja nurse lecturers antara universitas berbasis pengembangan daerah dengan universitas konvensional guna mengevaluasi perbedaan dalam tantangan transisional dan solusi yang diterapkan. Kelima, pengembangan model teori transisi kualitatif yang berakar pada teori adaptasi sosial dapat memperkaya pemahaman tentang proses internal nurse lecturers ketika beralih dari praktek klinis ke aktivitas pendidikan. Seiring dengan itu, pendekatan campuran bisa diterapkan untuk mentransformasikan temuan menjadi rekomendasi kebijakan institusi dan kebijakan nasional mengenai pelatihan dan dukungan bagi nurse lecturers. Kombinasi metode ini akan menyediakan pemahaman holistik mengenai faktor kontekstual, psikologis, dan struktural yang memengaruhi keberhasilan transisi. Akhirnya, hasil penelitian dapat diintegrasikan dalam kurikulum pengembangan profesional bagi staff kesehatan guna menyesuaikan sistem pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat.

  1. The impact of job satisfaction on nurses’ work lives: A literature review | QScience.com. impact... qscience.com/content/journals/10.5339/connect.2020.1The impact of job satisfaction on nursesAo work lives A literature review QScience impact qscience content journals 10 5339 connect 2020 1
  2. Journal for Nurses in Professional Development. journal nurses professional development journals.lww.com/jnsdonline/abstract/2018/03000/transition_from_clinical_to_educator_roles_in.4.aspxJournal for Nurses in Professional Development journal nurses professional development journals lww jnsdonline abstract 2018 03000 transition from clinical to educator roles in 4 aspx
  3. Lived Experiences of Iranian Novice Nursing Faculty in Their Professional Roles | Heydari | Global Journal... ccsenet.org/journal/index.php/gjhs/article/view/44737Lived Experiences of Iranian Novice Nursing Faculty in Their Professional Roles Heydari Global Journal ccsenet journal index php gjhs article view 44737
File size641.68 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test