SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunSiswa dengan kebutuhan khusus di lingkungan pendidikan inklusif, termasuk pesantren, seringkali menghadapi tantangan signifikan terkait dengan rendahnya efikasi diri dan kemandirian terbatas. Kesulitan ini seringkali berakar pada perasaan terasing, rendahnya kepercayaan diri, penarikan sosial, dan pengalaman bullying. Dukungan teman sebaya memainkan peran penting dalam mendorong baik efikasi diri maupun kemandirian di antara siswa ini. Penelitian ini menyelidiki bagaimana dukungan teman sebaya berkontribusi pada pengembangan atribut ini di pesantren Islam inklusif. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, serta dianalisis secara tematik menggunakan perangkat lunak Quirkos. Temuan menunjukkan bahwa dukungan emosional, instrumental, dan informasional dari teman sebaya—terutama ketika disertai dengan penghargaan positif tanpa syarat dan ketersediaan emosional—secara signifikan meningkatkan efikasi diri dan kemandirian siswa. Integrasi nilai-nilai Islam dan konteks budaya pesantren memupuk lingkungan sebaya yang berakar dalam filosofi “menghumanisasi manusia, yang mempromosikan inklusivitas dan menantang persepsi hirarkis tentang cacat. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para praktisi pendidikan inklusif yang bertujuan untuk memupuk hubungan sebaya yang mendukung dan budaya sekolah yang inklusif.
Studi ini menyimpulkan bahwa dukungan teman sebaya memainkan peran penting dalam meningkatkan efikasi diri dan kemandirian di kalangan siswa dengan kebutuhan khusus di Pesantren Inklusif Nurul Maksum.Dukungan emosional, instrumental, dan informasional—yang ditawarkan secara organik oleh rekan-rekan—membantu siswa tidak hanya dalam menyelesaikan tugas sehari-hari tetapi juga dalam mengembangkan ketahanan psikologis, kepercayaan diri, dan integrasi sosial.Bentuk-bentuk dukungan ini sangat tersemat dalam budaya pesantren, di mana filosofi menghumanisasi manusia secara konsisten dipraktikkan melalui interaksi sehari-hari dan rutinitas pendidikan.
Saran penelitian lanjut yang bisa dikembangkan adalah: Pertama, bagaimana pengaruh dukungan orang tua terhadap perkembangan kemandirian siswa dengan kebutuhan khusus di pesantren? Penelitian ini dapat menjelajahi lebih dalam keselarasan antara dukungan keluarga dan dukungan dari teman sebaya. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi perbandingan efektivitas berbagai jenis dukungan teman sebaya di pesantren yang berbeda, termasuk variasi dalam latar belakang budaya dan konteks pendidikan. Ini penting untuk memahami bagaimana konteks lokal mempengaruhi dinamika dukungan. Ketiga, penting untuk menyelidiki strategi intervensi yang dapat mencegah ketergantungan berlebihan terhadap dukungan teman sebaya dalam lingkungan pendidikan inklusif, sehingga siswa dapat tetap berkembang dan mempertahankan kemandirian mereka setelah lulus.
- Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis. paradigm shifts gender narratives tafs exegesis jurnal... ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/alquran/article/view/5416Jurnal Studi Ilmu ilmu Al Quran dan Hadis paradigm shifts gender narratives tafs exegesis jurnal ejournal uin suka ac ushuluddin alquran article view 5416
- Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Anak Tuna Grahita | Masyarakat Berdaya dan Inovasi.... doi.org/10.33292/mayadani.v2i2.71Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Anak Tuna Grahita Masyarakat Berdaya dan Inovasi doi 10 33292 mayadani v2i2 71
- Frontiers | Agency for Learning: Intention, Motivation, Self-Efficacy and Self-Regulation. frontiers... doi.org/10.3389/feduc.2020.00019Frontiers Agency for Learning Intention Motivation Self Efficacy and Self Regulation frontiers doi 10 3389 feduc 2020 00019
- One moment, please.... moment please wait request verified journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/view/961One moment please moment please wait request verified journal scadindependent index php jipeuradeun article view 961
- Decision-making self-efficacy mediates the peer support–car...: Ingenta Connect. decision making... ingentaconnect.com/content/10.2224/sbp.6410Decision making self efficacy mediates the peer supportAecar Ingenta Connect decision making ingentaconnect content 10 2224 sbp 6410
| File size | 533.44 KB |
| Pages | 36 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAINPTKIAINPTK Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan pendekatan normatif-historis, penelitian ini menemukan bahwa Arsyad al-Banjari mengklasifikasikanDengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan pendekatan normatif-historis, penelitian ini menemukan bahwa Arsyad al-Banjari mengklasifikasikan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Faktor-faktor yang sering mengarah pada keberhasilan atau kegagalan suatu institusi, seperti tata kelola, kepemimpinan, dan administrasi juga akan dibahas.Faktor-faktor yang sering mengarah pada keberhasilan atau kegagalan suatu institusi, seperti tata kelola, kepemimpinan, dan administrasi juga akan dibahas.
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Rekomendasi utama meliputi peningkatan program pelatihan guru, perbaikan infrastruktur teknologi, dan penerapan pendekatan pedagogis seimbang untuk menoptimalkanRekomendasi utama meliputi peningkatan program pelatihan guru, perbaikan infrastruktur teknologi, dan penerapan pendekatan pedagogis seimbang untuk menoptimalkan
UMMUMM Berdasarkan penelitian norma hukum Islam, pernikahan dalam Islam tidak memberikan batasan khusus mengenai pencarian pasangan berdasarkan zona tersebut.Berdasarkan penelitian norma hukum Islam, pernikahan dalam Islam tidak memberikan batasan khusus mengenai pencarian pasangan berdasarkan zona tersebut.
Useful /
UNMUNM Temuan ini menunjukkan bahwa menggabungkan strategi bersumber SDG ke dalam pelatihan pendidik dapat mendorong kesetaraan pendidikan dan keberlanjutan budayaTemuan ini menunjukkan bahwa menggabungkan strategi bersumber SDG ke dalam pelatihan pendidik dapat mendorong kesetaraan pendidikan dan keberlanjutan budaya
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Studi ini menyoroti pentingnya evaluasi kurikulum berkelanjutan untuk memastikan keselarasan dengan harapan industri dan keberhasilan pengembangan kompetensiStudi ini menyoroti pentingnya evaluasi kurikulum berkelanjutan untuk memastikan keselarasan dengan harapan industri dan keberhasilan pengembangan kompetensi
UNDIPUNDIP Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi FLNM dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam konteks unik sistem kesehatan Yordania. Metode:Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi FLNM dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam konteks unik sistem kesehatan Yordania. Metode:
UMMUMM Setelah dikeluarkannya PMK No. 21 Tahun 2009 Pasal 19 Ayat (5), hal ini menimbulkan masalah hukum terkait isi materinya. Riset ini bertujuan mengisi kekosonganSetelah dikeluarkannya PMK No. 21 Tahun 2009 Pasal 19 Ayat (5), hal ini menimbulkan masalah hukum terkait isi materinya. Riset ini bertujuan mengisi kekosongan