SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Siswa dengan kebutuhan khusus di lingkungan pendidikan inklusif, termasuk pesantren, seringkali menghadapi tantangan signifikan terkait dengan rendahnya efikasi diri dan kemandirian terbatas. Kesulitan ini seringkali berakar pada perasaan terasing, rendahnya kepercayaan diri, penarikan sosial, dan pengalaman bullying. Dukungan teman sebaya memainkan peran penting dalam mendorong baik efikasi diri maupun kemandirian di antara siswa ini. Penelitian ini menyelidiki bagaimana dukungan teman sebaya berkontribusi pada pengembangan atribut ini di pesantren Islam inklusif. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, serta dianalisis secara tematik menggunakan perangkat lunak Quirkos. Temuan menunjukkan bahwa dukungan emosional, instrumental, dan informasional dari teman sebaya—terutama ketika disertai dengan penghargaan positif tanpa syarat dan ketersediaan emosional—secara signifikan meningkatkan efikasi diri dan kemandirian siswa. Integrasi nilai-nilai Islam dan konteks budaya pesantren memupuk lingkungan sebaya yang berakar dalam filosofi “menghumanisasi manusia, yang mempromosikan inklusivitas dan menantang persepsi hirarkis tentang cacat. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para praktisi pendidikan inklusif yang bertujuan untuk memupuk hubungan sebaya yang mendukung dan budaya sekolah yang inklusif.

Studi ini menyimpulkan bahwa dukungan teman sebaya memainkan peran penting dalam meningkatkan efikasi diri dan kemandirian di kalangan siswa dengan kebutuhan khusus di Pesantren Inklusif Nurul Maksum.Dukungan emosional, instrumental, dan informasional—yang ditawarkan secara organik oleh rekan-rekan—membantu siswa tidak hanya dalam menyelesaikan tugas sehari-hari tetapi juga dalam mengembangkan ketahanan psikologis, kepercayaan diri, dan integrasi sosial.Bentuk-bentuk dukungan ini sangat tersemat dalam budaya pesantren, di mana filosofi menghumanisasi manusia secara konsisten dipraktikkan melalui interaksi sehari-hari dan rutinitas pendidikan.

Saran penelitian lanjut yang bisa dikembangkan adalah: Pertama, bagaimana pengaruh dukungan orang tua terhadap perkembangan kemandirian siswa dengan kebutuhan khusus di pesantren? Penelitian ini dapat menjelajahi lebih dalam keselarasan antara dukungan keluarga dan dukungan dari teman sebaya. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi perbandingan efektivitas berbagai jenis dukungan teman sebaya di pesantren yang berbeda, termasuk variasi dalam latar belakang budaya dan konteks pendidikan. Ini penting untuk memahami bagaimana konteks lokal mempengaruhi dinamika dukungan. Ketiga, penting untuk menyelidiki strategi intervensi yang dapat mencegah ketergantungan berlebihan terhadap dukungan teman sebaya dalam lingkungan pendidikan inklusif, sehingga siswa dapat tetap berkembang dan mempertahankan kemandirian mereka setelah lulus.

  1. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis. paradigm shifts gender narratives tafs exegesis jurnal... ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/alquran/article/view/5416Jurnal Studi Ilmu ilmu Al Quran dan Hadis paradigm shifts gender narratives tafs exegesis jurnal ejournal uin suka ac ushuluddin alquran article view 5416
  2. Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Anak Tuna Grahita | Masyarakat Berdaya dan Inovasi.... doi.org/10.33292/mayadani.v2i2.71Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Anak Tuna Grahita Masyarakat Berdaya dan Inovasi doi 10 33292 mayadani v2i2 71
  3. Frontiers | Agency for Learning: Intention, Motivation, Self-Efficacy and Self-Regulation. frontiers... doi.org/10.3389/feduc.2020.00019Frontiers Agency for Learning Intention Motivation Self Efficacy and Self Regulation frontiers doi 10 3389 feduc 2020 00019
  4. One moment, please.... moment please wait request verified journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/view/961One moment please moment please wait request verified journal scadindependent index php jipeuradeun article view 961
  5. Decision-making self-efficacy mediates the peer support–car...: Ingenta Connect. decision making... ingentaconnect.com/content/10.2224/sbp.6410Decision making self efficacy mediates the peer supportAecar Ingenta Connect decision making ingentaconnect content 10 2224 sbp 6410
File size533.44 KB
Pages36
DMCAReportReport

ads-block-test