UNIDA ACEHUNIDA ACEH

Journal of Planning and Research in Civil EngineeringJournal of Planning and Research in Civil Engineering

Permasalahan transportasi yang sering dijumpai di Indonesia adalah terbatasnya ruang jalan yang dibutuhkan untuk mengatur arus lalu lintas. Permasalahan tersebut semakin diperburuk oleh adanya ruas jalan yang beroperasi dengan kapasitas jauh lebih rendah dibandingkan yang seharusnya. Salah satu penyebabnya adalah kegiatan perparkiran di badan jalan (on street parking) seperti Kawasan Blang Padang di Pusat Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi karakteristik dan manajemen area parkir di Kawasan Blang Padang dan merencanakan lokasi parkir agar dapat menampung kendaraan sesuai dengan Satuan Ruang Parkir (SRP) yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode survey langsung ke lapangan yaitu melakukan pengumpulan dan penyusunan data awal, kemudian menjelaskan dan menganalisis sehingga dapat menghasilkan kesimpulan atas permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain parkir kendaraan di Blang Padang Jl. Prof. A. Majid Ibrahim II Kota Banda Aceh, yaitu untuk roda 2 berjumlah 96 petak parkir dengan kapasitas lahan parkir sebesar 72,00 m2 dan untuk kendaraan roda 4 berjumlah 170 petak parkir dengan kapasitas lahan parkir yaitu 425,00 m2.

Penataan lokasi parkir yang ada di Kawasan Area Blang Padang Jl.Majid Ibrahim II Kota Banda Aceh saat ini masih kurang efektif dari segi jumlah Satuan Ruang Parkir (SRP).Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) pada jam-jam puncak menunjukkan defisit yang signifikan, seperti di Pos A untuk sepeda motor (45,00 m2) dan mobil (262,50 m2), serta di Pos B untuk sepeda motor (27,00 m2) dan mobil (162,50 m2).Oleh karena itu, diperlukan perluasan lahan ruang parkir untuk kendaraan roda dua dan empat karena kapasitas yang tersedia belum memadai, dengan hasil desain baru berupa 96 petak parkir roda 2 (72,00 m2) dan 170 petak parkir roda 4 (425,00 m2).

Penelitian ini telah mengidentifikasi tantangan kapasitas parkir di Blang Padang dan menyajikan desain baru. Untuk memperkaya pemahaman dan solusi, studi lanjutan dapat mempertimbangkan beberapa aspek. Pertama, evaluasi dampak ekonomi dan sosial dari penambahan lokasi parkir off-street yang diusulkan sangat dibutuhkan. Ini mencakup analisis terhadap perubahan pola lalu lintas, dampak pada aktivitas komersial lokal, dan penerimaan masyarakat terhadap investasi infrastruktur parkir baru, termasuk estimasi biaya dan manfaat jangka panjangnya. Kedua, penelitian ini bisa diperluas dengan menganalisis perilaku pengguna parkir. Penting untuk memahami secara kualitatif mengapa pengemudi memilih parkir di badan jalan, faktor apa yang memengaruhi keputusan mereka, serta bagaimana insentif atau regulasi dapat mengubah kebiasaan parkir demi efisiensi yang lebih baik. Ketiga, kelayakan penerapan teknologi parkir cerdas atau sistem manajemen parkir dinamis layak untuk dieksplorasi. Hal ini bisa melibatkan studi tentang penggunaan sensor parkir real-time, aplikasi informasi ketersediaan, atau model penetapan harga adaptif untuk mengoptimalkan pemanfaatan ruang parkir dan mengurangi kemacetan secara berkelanjutan di area tersebut.

  1. #sistem peta interaktif#sistem peta interaktif
  2. #kualitas masyarakat pematang#kualitas masyarakat pematang
Read online
File size587.62 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1oX
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test