ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pengajaran remedial dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan ion dan ikatan kovalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Peukan Bada yang terdiri dari 2 kelas dengan menggunakan 1 kelas sebagai sampel, yang berjumlah 30 orang siswa. Dalam penelitian ini instrumen pengumpul data berupa tes pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan diberikan kepada siswa setelah mempelajari materi ikatan ion dan ikatan kovalen dan setelah pengajaran remedial (tes remedial). Hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dengan daya serap 70% adalah sebesar 30% sedangkan dari data tingkat ketuntasan hasil belajar setelah pengajaran remedial 61% sehingga dari presentase ini disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 30% menjadi 61%. Hasil ini menandakan bahwa hasil belajar siswa setelah pengajaran remedial mengalami peningkatan sebesar 31%. Pengujian hipotesis digunakan uji dua pihak yaitu uji-t dengan data sebagai berikut thitung= 4,09 serta ttubel = 1,699 pada taraf signifikansi 0,05 dan db = 29. Dengan demikian disimpulkan bahwa “penerapan pengajaran remedial dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan ion dan ikatan kovalen di kelas XI SMAN Peukan Bada.
Penerapan pengajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas XI SMAN Peukan Bada.Kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari ikatan kimia antara lain.Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 30% menjadi 61% setelah penerapan pengajaran remedial, menunjukkan peningkatan sebesar 31%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan membandingkan efektivitas pengajaran remedial dengan metode pembelajaran alternatif lainnya, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran kooperatif, untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling optimal dalam meningkatkan pemahaman konsep ikatan kimia. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen diagnostik yang lebih komprehensif dan spesifik untuk mengidentifikasi secara akurat jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi ikatan kimia, sehingga intervensi remedial dapat dirancang lebih tepat sasaran. Ketiga, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi efektivitas pengajaran remedial, seperti gaya belajar siswa, motivasi belajar, dan kualitas interaksi guru-siswa, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pembelajaran remedial dan bagaimana mengoptimalkannya. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran kimia dan membantu siswa mengatasi kesulitan belajar mereka.
| File size | 982.84 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1m9 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Analisis cost‑effectiveness menunjukkan adanya perbedaan signifikan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler. Oleh karena itu, IndonesiaAnalisis cost‑effectiveness menunjukkan adanya perbedaan signifikan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler. Oleh karena itu, Indonesia
ABULYATAMAABULYATAMA Berdasarkan semua temuan di atas, ditemukan bahwa kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa di kelas satu SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar; adalahBerdasarkan semua temuan di atas, ditemukan bahwa kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa di kelas satu SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar; adalah
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasilKegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasil
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Workshop ini menggunakan tiga metode: ceramah, pelatihan praktis, dan pembagian leaflet informatif. Ceramah memberikan wawasan tentang dampak negatif konsumsiWorkshop ini menggunakan tiga metode: ceramah, pelatihan praktis, dan pembagian leaflet informatif. Ceramah memberikan wawasan tentang dampak negatif konsumsi
BERUGAKBACABERUGAKBACA Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Bone. Ditandai denganHasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Bone. Ditandai dengan
BERUGAKBACABERUGAKBACA Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA sebanyak 18 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berisiAdapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA sebanyak 18 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berisi
BELITUNG RAYABELITUNG RAYA Diharapkan kader kesehatan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam memberikan layanan manajemen MTBM di tingkat komunitas sambil menjagaDiharapkan kader kesehatan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam memberikan layanan manajemen MTBM di tingkat komunitas sambil menjaga
IAIN SUIAIN SU Secara historis, dayah dikenal telah melahirkan banyak ulama dari berbagai disiplin ilmu, sehingga akan menarik untuk mengkaji perkembangan budaya akademikSecara historis, dayah dikenal telah melahirkan banyak ulama dari berbagai disiplin ilmu, sehingga akan menarik untuk mengkaji perkembangan budaya akademik
Useful /
YBLIYBLI Keluhan nyeri merupakan keluhan yang banyak dialami oleh pasien di segala usia dan ditangani menggunakan obat Antiinflamasi Non Steroid (AINS) yang berefekKeluhan nyeri merupakan keluhan yang banyak dialami oleh pasien di segala usia dan ditangani menggunakan obat Antiinflamasi Non Steroid (AINS) yang berefek
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran terbukti dapat meningkatkan perkembangan seni anak di RA Nurul Amal, maka hipotesis yang diajukan diterima.Dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran terbukti dapat meningkatkan perkembangan seni anak di RA Nurul Amal, maka hipotesis yang diajukan diterima.
IAIN SUIAIN SU Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan sistem pendidikan nasional terhadap keberadaan pendidikan Islam dan pendidikan sekular. PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan sistem pendidikan nasional terhadap keberadaan pendidikan Islam dan pendidikan sekular. Penelitian
IAIN SUIAIN SU Al-Quran, hadis, dan ucapan para sahabat Nabi merupakan pilar utama mengenai pendidikan lingkungan hidup dalam Islam, sehingga diharapkan negara-negaraAl-Quran, hadis, dan ucapan para sahabat Nabi merupakan pilar utama mengenai pendidikan lingkungan hidup dalam Islam, sehingga diharapkan negara-negara