APTIIAPTII

Router : Jurnal Teknik Informatika dan TerapanRouter : Jurnal Teknik Informatika dan Terapan

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kepuasan pengguna dan kemudahan penggunaan e‑katalog dalam konteks efektivitas belanja barang di lingkungan TNI AL. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi pustaka, data survei dan wawancara mendalam diperoleh untuk menganalisis tantangan dan faktor‑faktor yang memengaruhi penggunaan e‑katalog. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas pengguna mengalami kesulitan dalam menggunakan e‑katalog, terutama terkait dengan navigasi dan kompleksitas antarmuka pengguna. Kompleksitas ini dikaitkan dengan kurangnya pelatihan yang memadai dan kurangnya panduan yang jelas. Selain itu, kepuasan pengguna e‑katalog berkorelasi dengan kemudahan penggunaan dan ketersediaan informasi yang memadai. Dengan demikian, penyederhanaan antarmuka pengguna dan peningkatan aksesibilitas informasi diidentifikasi sebagai langkah kunci untuk meningkatkan efektivitas belanja barang di lingkungan TNI AL.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna e‑katalog di TNI AL mengalami kesulitan karena kompleksitas antarmuka dan kurangnya pelatihan.Hasil survei dan wawancara menegaskan bahwa kepuasan pengguna sangat terkait dengan kemudahan penggunaan dan ketersediaan informasi.Dengan menyederhanakan antarmuka, menyediakan panduan jelas, dan memperbaiki informasi, efektivitas belanja barang di TNI AL dapat ditingkatkan.

Pertama, perhatikan penggunaan modul pelatihan berbasis permainan (gamification) untuk meningkatkan keterampilan pengguna e‑katalog. Penelitian dapat mengajukan pertanyaan: “Apakah pelatihan gamifikasi dapat meningkatkan kepuasan dan kemudahan penggunaan e‑katalog di TNI AL dibandingkan pelatihan tradisional? Kedua, teliti penerapan sistem rekomendasi berbasis kecerdasan buatan (AI) di e‑katalog guna memudahkan pencarian produk. Pertanyaan penelitian: “Bagaimana fitur rekomendasi AI memengaruhi waktu pencarian dan tingkat kepuasan pengguna? Ketiga, periksa efektivitas e‑katalog versi mobile yang responsif dengan mengukur waktu transaksi dan tingkat adopsi. Pertanyaan: “Apakah versi mobile e‑katalog memberikan performa dan kepuasan yang setara atau lebih baik dibandingkan versi desktop? Keempat, evaluasi dampak integrasi modul pelatihan dan AI dalam satu antarmuka untuk menilai sinergi. Pertanyaan: “Apakah kombinasi pelatihan gamifikasi dan rekomendasi AI menghasilkan peningkatan signifikan dalam kepuasan pengguna?.

  1. One moment, please.... moment please wait request verified ojs.nitromks.ac.id/index.php/jsmn/article/view/165One moment please moment please wait request verified ojs nitromks ac index php jsmn article view 165
Read online
File size680.01 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test