ALMAATAALMAATA
Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics)Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics)Latar Belakang: Peningkatan kadar kolesterol terutama kadar LDL sering dijumpai pada masyarakat umum. Tingginya kadar LDL sering dikaitkan dengan berbagai permasalahan kesehatan seperti Atherosklerosis, Stroke, dan lain sebagainya. Upaya untuk menurunkan kadar LDL terus dilakukan baik dengan menggunakan terapi obat-obatan ataupun terapi alternatif. Para peneliti telah menemukan adanya efek antikolesterol pada buah kurma. Kandungan senyawa penting seperti plant sterol, flavonoid, dan serat pada buah kurma sangat berperan terhadap penurunan kolesterol darah. Tujuan: Menganalisis pengaruh pemberian kurma terhadap kadar LDL pada uji eksperimental hewan coba tikus dan manusia. Metode: Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review. Sebanyak 133 artikel menggunakan keywords “The effect AND “dates AND “LDL AND “rats AND “humans AND “RCT. Terdapat 7 artikel eksperimental dengan Randomized Controlled Trial (inklusi) yang dipublikasikan melalui Pubmed, Google Scholar, Sciencedirect, EBSCO. Perlakuan intervensi pada hewan uji coba keseluruhan menggunakan ekstrak kurma dengan rata-rata 630,76 mg/kgBB selama 8-15 hari. Sedangkan, responden manusia mengkonsumsi buah kurma dengan rata-rata 70 g/hari selama 21-28 hari. Hasil: Analisis secara deskriptif yang dilakukan pada berbagai artikel bahwa mayoritas pemberian kurma pada subjek hewan uji coba tikus menunjukkan hasil uji p<0,05 yaitu adanya pengaruh signifikan terkait penurunan kadar LDL. Selain itu, mayoritas hasil pada subjek manusia menunjukkan hasil uji p<0,05 yaitu adanya pengaruh signifikan terkait penurunan kadar LDL.
Pemberian kurma secara signifikan dapat menurunkan kadar LDL baik pada hewan uji coba maupun pada manusia.Konsumsi harian sebanyak 7 buah kurma (100 g) direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan tinggi serat, vitamin, dan mineral.Kurma juga dapat dijadikan sebagai pangan fungsional untuk mengurangi risiko keparahan penyakit terkait kolesterol tinggi.
Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi efek pemberian kurma terhadap profil lipid secara menyeluruh, termasuk kadar HDL, trigliserida, dan kolesterol total pada populasi berisiko tinggi seperti penderita diabetes dan hipertensi. Kedua, penting untuk menguji variasi jenis kurma (seperti Ajwa, Tamr, dan Ghars) dalam satu studi terkontrol untuk mengetahui apakah perbedaan komposisi fitokimia antar varietas berdampak signifikan terhadap penurunan LDL. Ketiga, perlu dikembangkan studi longitudinal yang mengamati dampak konsumsi kurma jangka panjang terhadap faktor risiko kardiovaskular, dengan mempertimbangkan pola konsumsi makanan lain yang mungkin menjadi pengaruh perancu. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan saat ini yang terbatas pada durasi pendek dan variabel terbatas, serta membantu memahami potensi kurma sebagai bagian dari intervensi gizi berkelanjutan. Dengan demikian, studi lanjutan dapat memberikan dasar ilmiah yang kuat untuk merekomendasikan kurma dalam skema terapi gizi medis bagi kelompok populasi tertentu.
| File size | 287.06 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
ALMAATAALMAATA Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 26,2% penduduk Indonesia berusia 18-59 tahun memiliki kadar HDL ≤40 mg/dl. Setelah dianalisis melaluiHasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 26,2% penduduk Indonesia berusia 18-59 tahun memiliki kadar HDL ≤40 mg/dl. Setelah dianalisis melalui
ALMAATAALMAATA Tujuan: Untuk menilai pengaruh media penyuluhan gizi terhadap perilaku jajan siswa di SD Negeri 107422 Pagar Jati Kabupaten Deli Serdang. Metode: PenelitianTujuan: Untuk menilai pengaruh media penyuluhan gizi terhadap perilaku jajan siswa di SD Negeri 107422 Pagar Jati Kabupaten Deli Serdang. Metode: Penelitian
ALMAATAALMAATA Gaya hidup nutrisi yang menimbulkan peningkatan persentase lemak tubuh dan penurunan ukuran MUAC secara signifikan berhubungan dengan siklus menstruasiGaya hidup nutrisi yang menimbulkan peningkatan persentase lemak tubuh dan penurunan ukuran MUAC secara signifikan berhubungan dengan siklus menstruasi
INTELEKMADANIINTELEKMADANI Sedangkan pada pengukuran kadar SGPT ekstrak etanol kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dapat mencegah peningkatan kadar SGPT tikus yang diinduksiSedangkan pada pengukuran kadar SGPT ekstrak etanol kulit buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dapat mencegah peningkatan kadar SGPT tikus yang diinduksi
INTELEKMADANIINTELEKMADANI Penelitian dilakukan secara eksperimen di Laboratorium Farmakologi Universitas Pancasakti menggunakan 15 ekor tikus putih yang dibagi dalam lima kelompokPenelitian dilakukan secara eksperimen di Laboratorium Farmakologi Universitas Pancasakti menggunakan 15 ekor tikus putih yang dibagi dalam lima kelompok
INTELEKMADANIINTELEKMADANI Semua kelompok diberikan perlakuan sehari sekali selama kehamilan dan diamati waktu kelahiran. Adapun hasil yang diperoleh dengan Uji Kruskal Wallis danSemua kelompok diberikan perlakuan sehari sekali selama kehamilan dan diamati waktu kelahiran. Adapun hasil yang diperoleh dengan Uji Kruskal Wallis dan
BALIMEDICALJOURNALBALIMEDICALJOURNAL Hiperkolesterolemia dapat menyebabkan stres oksidatif, disfungsi endotelial, dan aterosklerosis. Kandungan antosianin pada ubi jalar ungu Bali mampu mencegahHiperkolesterolemia dapat menyebabkan stres oksidatif, disfungsi endotelial, dan aterosklerosis. Kandungan antosianin pada ubi jalar ungu Bali mampu mencegah
UNIVERSITAS BTHUNIVERSITAS BTH Banyak faktor penyebab terjadinya hipertensi, salah satunya adalah gangguan profil lipid. Profil lipid dapat memicu terjadinya hipertensi melalui berbagaiBanyak faktor penyebab terjadinya hipertensi, salah satunya adalah gangguan profil lipid. Profil lipid dapat memicu terjadinya hipertensi melalui berbagai
Useful /
ALMAATAALMAATA (ARRR= 0. 98; 95%CI: 0. 96-0. Terdapat pula perbedaan geografis terkait stunting dan severe stunting. Kesimpulan: Pertumbuhan ekonomi yang merata merupakan(ARRR= 0. 98; 95%CI: 0. 96-0. Terdapat pula perbedaan geografis terkait stunting dan severe stunting. Kesimpulan: Pertumbuhan ekonomi yang merata merupakan
ALMAATAALMAATA Latar Belakang: Angka kejadian gizi buruk di Indonesia maupun di Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang masih tinggi. Masalah tersebut disebabkan olehLatar Belakang: Angka kejadian gizi buruk di Indonesia maupun di Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang masih tinggi. Masalah tersebut disebabkan oleh
ALMAATAALMAATA Salah satu penyebab langsung stunting adalah rendahnya kualitas konsumsi makanan, yang dimulai sejak ibu hamil sampai anak usia dua tahun. Tujuan: PenelitianSalah satu penyebab langsung stunting adalah rendahnya kualitas konsumsi makanan, yang dimulai sejak ibu hamil sampai anak usia dua tahun. Tujuan: Penelitian
BALIMEDICALJOURNALBALIMEDICALJOURNAL Sebagian besar pasien menunjukkan grade I spondylolisthesis degeneratif, tanpa kasus grade III-V yang teramati. Distribusi grading infiltrasi lemak ototSebagian besar pasien menunjukkan grade I spondylolisthesis degeneratif, tanpa kasus grade III-V yang teramati. Distribusi grading infiltrasi lemak otot