MACHUNGMACHUNG

Citradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan IntermediaCitradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia

Munculnya berbagai macam kafe di Kota Malang menimbulkan gaya hidup baru yaitu berkumpul bersama teman khususnya bagi generasi muda. Gaya hidup ini membuat kafe terus bermunculan di Kota Malang dengan konsep yang disukai oleh generasi ini, salah satunya yaitu konsep cozy. Namun hal ini membuat kafe yang terus bermunculan kurang memperhatikan kualitas dari segi suasana dan menu karena terlalu berfokus dengan interior cozy yang disukai generasi muda. Maka dari itu dibutuhkan media informasi yang bisa menarik wisatawan dan masyarakat dalam memilih dan mengunjungi kafe bukan hanya berdasarkan tren, melalui pembuatan perancangan yang bertujuan mendapatkan visualisasi konsep melalui media buku fotografi esai yang memuat informasi tentang 8 kafe dengan konsep cozy di Kota Malang. Metode perancangan yang digunakan yaitu metode perancangan komunikasi kreatif serta dipadukan dengan metode pengumpulan data kualitatif. Buku fotografi esai ini menggunakan gaya foto interior dan makanan, dengan ukuran buku 22,4 x 17 cm dengan total 248 halaman, full color, serta dijilid menggunakan hardcover laminasi doff. Kesimpulan perancangan ini adalah mendapatkan visualisasi konsep buku fotografi esai untuk memberikan informasi tentang kafe cozy melalui visualisasi foto yang disertai narasi melalui media buku dan media pendukung seperti bookmark, tote bag, photo sheet, sticker, tumbler, acrylic straw, diffuser, dan media pemasaran melalui sosial media Instagram.

Kafe dengan konsep cozy dan interior aesthetic memiliki daya tarik tinggi bagi generasi muda yang cenderung memilih kafe berdasarkan visual.Namun, banyak kafe baru yang hanya fokus pada tampilan tanpa memperhatikan kualitas menu dan suasana.Melalui buku fotografi esai, masyarakat dan wisatawan dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap serta merasakan emosi dari setiap kafe melalui visual dan narasi yang disajikan.

Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengevaluasi efektivitas buku fotografi esai Hygge dalam memengaruhi keputusan pengunjung mengunjungi kafe, dengan membandingkan perilaku pengunjung sebelum dan sesudah membaca buku tersebut. Kedua, dapat dikembangkan studi tentang preferensi visual generasi muda terhadap kafe berkonsep cozy di kota lain, untuk melihat apakah tren ini bersifat lokal atau nasional, serta faktor budaya apa saja yang memengaruhinya. Ketiga, perlu diteliti potensi integrasi buku fotografi ini dengan platform digital interaktif, seperti aplikasi atau situs web dengan fitur virtual tour kafe, agar pengalaman visual dan emosional dapat lebih imersif dan menjangkau audiens yang lebih luas secara daring. Penelitian-penelitian ini akan memperdalam pemahaman tentang peran media visual dalam pariwisata perkotaan serta mendorong inovasi dalam promosi destinasi berbasis gaya hidup.

Read online
File size981.07 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test