UNIDAUNIDA

Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)

Masalah transportasi (TP) merupakan faktor signifikan dalam riset operasional. Banyak peneliti telah mengemukakan berbagai solusi untuk masalah ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya total distribusi sumber daya dari beberapa sumber ke banyak destinasi. Jika terdapat risiko jalan (salju, banjir, dll), keterbatasan lalu lintas, dll, mungkin tidak memungkinkan untuk mengangkut produk dari satu tempat ke tempat lain. Dalam kondisi ini, rute yang sesuai dapat diberikan biaya satuan yang sangat tinggi, seperti M (atau ∞). Setelah itu, kasus khusus dari masalah transportasi dengan rute terlarang diperkenalkan. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah untuk menyediakan algoritme baru yang akan mengurangi biaya masalah transportasi terbatas. Dengan beberapa modifikasi, pendekatan Vogel tradisional telah ditingkatkan. Metode yang diusulkan akan berkinerja lebih baik daripada pendekatan lain yang saat ini digunakan. Masalah numerik diselesaikan untuk mendemonstrasikan efektivitas pendekatan yang diusulkan dan membuat perbandingan dengan berbagai pendekatan yang telah ada.

Makalah ini mengusulkan metode baru, yaitu peningkatan metode aproksimasi Vogel, untuk menemukan solusi dasar yang efisien pada masalah transportasi dengan rute terlarang.Metode yang diusulkan diuji pada berbagai masalah transportasi, baik yang seimbang maupun tidak seimbang, dan hasilnya dibandingkan dengan solusi dari metode yang sudah ada untuk memeriksa efektivitasnya.Kesimpulannya, metode yang diusulkan terbukti memberikan solusi yang serupa atau lebih akurat dibandingkan metode lain, sehingga dapat dianggap sebagai pendekatan yang unggul untuk menyelesaikan masalah transportasi rute terlarang.

Penelitian ini telah berhasil menunjukkan metode baru untuk meminimalkan biaya pada jalur distribusi yang ada larangannya. Namun, masih banyak peluang untuk pengembangan lebih lanjut yang menarik. Pertanyaan penelitian pertama adalah, bagaimana cara kita mengembangkan algoritme ini agar tidak hanya memberikan solusi awal, tetapi juga bisa langsung menemukan solusi paling optimal tanpa perlu langkah tambahan, sehingga lebih efisien dalam satu paket terpadu? Kedua, penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi bagaimana metode ini dapat diadaptasi untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks dengan lebih dari satu tujuan, seperti memilih rute yang paling murah dan tercepat secara bersamaan. Terakhir, sebuah arah studi yang sangat relevan adalah untuk mengujinya pada kondisi yang lebih dinamis, di mana sebuah jalan tidak benar-benar dilarang selamanya tetapi hanya memiliki risiko gangguan yang tinggi. Penelitian mendatang dapat mencari jawaban atas bagaimana cara memodifikasi algoritme agar dapat mempertimbangkan faktor ketidakpastian seperti risiko atau probabilitas gangguan, sehingga keputusan yang diambil lebih mencerminkan situasi yang sesungguhnya di lapangan.

File size783.77 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test