UNUDUNUD
Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)Penelitian ini mengeksplorasi penerapan nilai-nilai lokal Bali Menyama Braya atau persaudaraan dalam mempromosikan pendidikan inklusif di sekolah bilingual dasar di Bali Utara. Berdasarkan teori-teori multiculturalsime dan inklusivitas, studi ini menekankan pentingnya penerimaan, empati, dan kerja sama di antara siswa dari latar belakang yang beragam. Menggunakan pendekatan fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, diskusi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa integrasi prinsip-prinsip Menyama Braya mendorong lingkungan pembelajaran yang kooperatif di mana siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, berinteraksi secara bermakna dengan teman-teman sebaya mereka. Praktik ini tidak hanya meningkatkan toleransi dan empati tetapi juga mendukung penciptaan ruang edukatif yang responsif terhadap budaya. Rekomendasi termasuk memasukkan nilai-nilai Menyama Braya ke dalam kurikulum pendidikan guru untuk membudayakan praktik inklusif yang merayakan keberagaman dan memastikan akses yang adil terhadap pendidikan berkualitas bagi semua siswa. Dengan menanamkan nilai-nilai lokal ini ke dalam metodologi pendidikan modern, sekolah dapat mengembangkan lingkungan pembelajaran yang penuh kasih yang merangkul perbedaan sambil mempromosikan harmoni sosial.
Studi tentang praktik pendidikan inklusif dengan nilai-nilai lokal Bali Menyama Braya di sekolah dasar di Bali Utara mengungkapkan wawasan signifikan tentang bagaimana nilai-nilai lokal dapat meningkatkan pendidikan inklusif.Temuan menunjukkan bahwa sekolah bilingual secara efektif mengintegrasikan filosofi Menyama Braya, yang menekankan kesetaraan, kerja sama, empati, dan toleransi, ke dalam kerangka pendidikan inklusifnya.Melalui inisiatif strategis, sekolah mendorong lingkungan multikultural yang menghormati dan merayakan latar belakang beragam siswa.Implementasi ini tidak hanya mempromosikan harmoni sosial tetapi juga meningkatkan pengalaman pendidikan untuk semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus.
Berdasarkan penelitian ini, saran untuk penelitian lanjutan adalah pertama, bagaimana penerapan konsep Menyama Braya dapat diadaptasi di berbagai konteks sekolah dengan latar belakang budaya yang berbeda, untuk memahami dampak nilai lokal dalam pendidikan inklusif secara lebih luas. Kedua, penelitian lebih lanjut harus mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Menyama Braya dalam pelatihan guru untuk menciptakan metode pengajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap beragam kebutuhan siswa. Ketiga, perlu dilakukan kajian mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan nilai-nilai ini dalam praktik sehari-hari, serta solusi inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas pendidikan inklusif.
- Indonesian Teachers' Beliefs and Competencies in Implementing the Indonesian Prototype Curriculum... doi.org/10.37985/educative.v1i3.220Indonesian Teachers Beliefs and Competencies in Implementing the Indonesian Prototype Curriculum doi 10 37985 educative v1i3 220
- EKSISTENSI KOMUNITAS MUSLIM DAN HINDU | Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation,... jurnal.dharmasentana.ac.id/jurnalPariwisataPaRAMA/article/view/508EKSISTENSI KOMUNITAS MUSLIM DAN HINDU Jurnal Pariwisata PaRAMA Panorama Recreation Accomodation jurnal dharmasentana ac jurnalPariwisataPaRAMA article view 508
- Parental Involvement in the English as Foreign Language Class at an Inclusive Primary School in Denpasar... doi.org/10.31940/soshum.v12i2.184-196Parental Involvement in the English as Foreign Language Class at an Inclusive Primary School in Denpasar doi 10 31940 soshum v12i2 184 196
| File size | 1.02 MB |
| Pages | 27 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNUDUNUD Employing structural equation modeling on data from 355 international spa tourists, the research reveals that social norms have a more significant impactEmploying structural equation modeling on data from 355 international spa tourists, the research reveals that social norms have a more significant impact
UNUDUNUD Penelitian ini menemukan bahwa lingkungan bahasa di Gianyar terbagi menjadi lima kategori, yaitu budaya, alam, desa, museum, dan buatan manusia. Pola lingkunganPenelitian ini menemukan bahwa lingkungan bahasa di Gianyar terbagi menjadi lima kategori, yaitu budaya, alam, desa, museum, dan buatan manusia. Pola lingkungan
UNUDUNUD Elemen ritual yang umum seperti maṇḍala, yantra, pañca makāra, akṣara, dan skala berdasarkan tubuh manusia berasal dari tradisi Tantra. ArtikelElemen ritual yang umum seperti maṇḍala, yantra, pañca makāra, akṣara, dan skala berdasarkan tubuh manusia berasal dari tradisi Tantra. Artikel
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui analisis isi buku teks bahasa Inggris yang disesuaikan untuk siswa tunarungu, serta wawancara tematik dengan guru berpengalaman,Data dikumpulkan melalui analisis isi buku teks bahasa Inggris yang disesuaikan untuk siswa tunarungu, serta wawancara tematik dengan guru berpengalaman,
Useful /
POLMEDPOLMED Kue Sus kering, meskipun berbeda jenis, menunjukkan metrik kerenyahan lebih tinggi dibandingkan keripik singkong paling tipis, sejalan dengan persepsiKue Sus kering, meskipun berbeda jenis, menunjukkan metrik kerenyahan lebih tinggi dibandingkan keripik singkong paling tipis, sejalan dengan persepsi
UNPAMUNPAM Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristikKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik
UNUSAUNUSA Subjek penelitian adalah pasien yang melakukan analisis semen di Laboratorium Patologi Klinik RSIA Restu Ibu Sragen pada Juni hingga Agustus 2020. MetodeSubjek penelitian adalah pasien yang melakukan analisis semen di Laboratorium Patologi Klinik RSIA Restu Ibu Sragen pada Juni hingga Agustus 2020. Metode
UNMUNM Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma, dan nilai-nilai mereka. Team-teaching merupakan bentuk paling umum dari budaya pengajaran,Hal ini berdampak pada cara dosen melaksanakan pengajaran, norma, dan nilai-nilai mereka. Team-teaching merupakan bentuk paling umum dari budaya pengajaran,