IAIN MADURAIAIN MADURA

AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata SosialAL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap layanan sertifikasi halal serta mengidentifikasi hambatan dan strategi dalam memperkuat layanan sertifikasi halal di Indonesia.

Layanan sertifikasi halal di Indonesia telah memenuhi harapan konsumen dengan peringkat Sangat Baik berdasarkan indikator kualitas layanan.Namun, masih ada beberapa tantangan seperti keterbatasan akses, prosedur yang rumit, dan biaya yang tinggi, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).Untuk meningkatkan efektivitas layanan, diperlukan upaya strategis seperti pendidikan dan sosialisasi yang lebih baik, serta kerja sama yang lebih kuat antara BPJPH, MUI, dan lembaga terkait lainnya.

Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengevaluasi dampak strategi tersebut terhadap tingkat kepatuhan UMKM, mengkaji disparitas regional dalam akses sertifikasi, serta menilai pengaruh efektivitas sertifikasi terhadap kepercayaan konsumen dan daya saing pasar. Selain itu, perlu dilakukan inovasi digital untuk mempermudah proses sertifikasi halal di Indonesia.

  1. HALAL INDUSTRY DEVELOPMENT STRATEGIES: Muslims’ Responses and Sharia Compliance in Indonesia |... jiis.uinsa.ac.id/index.php/JIIs/article/view/1185HALAL INDUSTRY DEVELOPMENT STRATEGIES MuslimsAo Responses and Sharia Compliance in Indonesia jiis uinsa ac index php JIIs article view 1185
  2. The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal... doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.2.6160The Effect of Halal Certification Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal doi 10 21580 jdmhi 2020 2 2 6160
  1. #sertifikasi halal#sertifikasi halal
File size1.12 MB
Pages31
DMCAReportReport

ads-block-test