OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerFenomena Korean wave saat ini telah menjadi sebuah trend dalam memanfaatkan strategi pemasaran. Dapat dilihat dengan banyaknya produk kecantikan di Indonesia yang telah menggunakan duta merek dari Korea Selatan. Produk kecantikan (Y) sendiri telah menggunakan duta merek dengan memilih grup musik wanita (X) asal Korea Selatan. Selebritis Korea mempunyai citra yang dikenal akan kesehatan kulit sehingga masyarakat dapat percaya bahwa produk kecantikan yang dipromosikannya memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Grup musik wanita (X) dinilai mampu mengangkat pamor merek produk kecantikan (Y). Hal ini dapat memperluas jangkauan aktivitas pemasaran juga keputusan pembelian produk kecantikan (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh duta merek grup musik wanita Korea (X1) dan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan (Y) pada mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2019 – 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis 1.) terdapat pengaruh yang signifikan duta merek (X1) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,04 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,142 > 1,66071). 2.) terdapat pengaruh yang signifikan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig=0,04 < 0,05 dan t hitung > t tabel (6,522 > 1,66071). 3.) terdapat pengaruh yang signifikan duta merek (X1) dan citra merek (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal (Y). Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,00 < 0,05 dan nilai f hitung > f tabel (194,751 > 4,74). Hasil dari analisis regresi linier diperoleh persamaan Y=16,774 0,559 X1 0,846 X2. Pada uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 0,797 yang berarti duta merek dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 80,1%. Sisanya sebesar 19,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa duta merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal secara parsial.Hal tersebut diketahui dari nilai signifikan untuk pengaruh parsial variabel duta merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,04 < 0,05 dan nilai thitung 4,142 > ttabel 1,66071.Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal secara parsial.Hal tersebut diketahui dari nilai signifikan untuk pengaruh parsial variabel citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,04 < 0,05 dan nilai thitung 6,522 > ttabel 1,66071.Hasil penelitian menunjukan bahwa duta merek dan citra merek secara stimulan (bersama-sama) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan lokal.Hal ini diketahui dari nilai signifikan untuk pengaruh stimulan duta merek (X1) dan citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 194.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji pengaruh jenis duta merek yang berbeda, seperti selebriti dari bidang lain selain K-Pop, terhadap keputusan pembelian produk kecantikan. Selain itu, studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami peran citra merek dalam konteks budaya yang berbeda, terutama di daerah dengan preferensi konsumen yang berbeda. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang kampanye duta merek terhadap loyalitas pelanggan, termasuk bagaimana persepsi konsumen terhadap produk berubah seiring waktu setelah kampanye berakhir. Ide-ide ini dapat mengembangkan temuan penelitian ini dengan memperluas cakupan studi dan mempertimbangkan variabel yang belum dijelajahi.
| File size | 200.03 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Pendidikan Adab Sopan Santun pada anak sangat penting agar nilai-nilai filosofis yang diwariskan oleh nenek moyang tidak hilang di era modern saat ini.Pendidikan Adab Sopan Santun pada anak sangat penting agar nilai-nilai filosofis yang diwariskan oleh nenek moyang tidak hilang di era modern saat ini.
OJSOJS Sampel penelitian ini adalah 254 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisisSampel penelitian ini adalah 254 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menganalisis
OJSOJS Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelas virtual TV Sekolah merupakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis IT yang dapat diterapkanPenelitian ini menyimpulkan bahwa kelas virtual TV Sekolah merupakan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis IT yang dapat diterapkan
OJSOJS Data kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok. Selain itu, dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimanaData kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok. Selain itu, dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana
Useful /
OJSOJS Keterbatasan ini mempengaruhi ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran, seperti bahan ajar dan perangkat pembelajaranKeterbatasan ini mempengaruhi ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran, seperti bahan ajar dan perangkat pembelajaran
OJSOJS Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan media sosial dalam pembelajaran IPS tidak secara langsung berdampak negatif pada prestasi akademik siswa, karenaPenelitian ini mengungkap bahwa penggunaan media sosial dalam pembelajaran IPS tidak secara langsung berdampak negatif pada prestasi akademik siswa, karena
OJSOJS Terdapat tiga pola utama: Subjek Verba, pola paling sederhana yang terdiri dari subjek (siapa atau apa yang dibicarakan) dan verba (aksi atau keadaan);Terdapat tiga pola utama: Subjek Verba, pola paling sederhana yang terdiri dari subjek (siapa atau apa yang dibicarakan) dan verba (aksi atau keadaan);
OJSOJS Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasill pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol. Dimana nilai pre-test kelas eksperimen yaituPeningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasill pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol. Dimana nilai pre-test kelas eksperimen yaitu