SAINTEKMUSAINTEKMU

Jurnal VisualikaJurnal Visualika

Wedding organizer Palanta Omsima adalah sebuah perusahaan yang cukup besar dalam bidang jasa pernikahan, namun Palanta Omsima masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya. Seiring berkembangnya teknologi, Palanta Omsima memiliki banyak pesaing wirausaha yang menjalankan bisnis yang sama, terlebih sudah banyak yang memanfaatkan ilmu komputer dan internet dalam menunjang proses bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membantu wedding organizer Palanta Omsima dalam transformasi digital bisnisnya yaitu dalam hal pengelolaan data. Sistem yang dirancang dapat membuat jangkauan lebih luas lagi untuk mempromosikan bisnis melalui website, meningkatkan omset, pengelolaan data pelanggan, pengelolaan asset perusahaan serta pembayaran dan penyajian informasi dalam database dan mempercepat pencarian data apabila diperlukan.

Wedding organizer Palanta Omsima adalah sebuah perusahaan yang cukup besar dalam bidang jasa pernikahan, namun Palanta Omsima masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya.Seiring berkembangnya teknologi, Palanta Omsima memiliki banyak pesaing wirausaha yang menjalankan bisnis yang sama, terlebih sudah banyak yang memanfaatkan ilmu komputer dan internet dalam menunjang proses bisnis mereka.Penelitian ini bertujuan untuk membantu wedding organizer Palanta Omsima dalam transformasi digital bisnisnya yaitu dalam hal pengelolaan data.Sistem yang dirancang dapat membuat jangkauan lebih luas lagi untuk mempromosikan bisnis melalui website, meningkatkan omset, pengelolaan data pelanggan, pengelolaan asset perusahaan serta pembayaran dan penyajian informasi dalam database dan mempercepat pencarian data apabila diperlukan.Sistem informasi berbasis web ini mampu memudahkan pencarian data inventaris perusahaan, data pelanggan, dan pengaturan jadwal event organizer melalui database terpusat.Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan sistem ini menjadi aplikasi mobile yang terintegrasi dengan fitur pemesanan real-time oleh pelanggan, sehingga pelanggan dapat memesan paket pernikahan, melihat ketersediaan jadwal, dan membayar secara langsung melalui smartphone.Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi fitur umpan balik otomatis dari pelanggan setelah acara selesai, seperti survei kepuasan yang dikirim via notifikasi, untuk membantu Palanta Omsima meningkatkan kualitas layanan berdasarkan data nyata.Terakhir, penelitian bisa mengembangkan sistem dengan menambahkan fitur manajemen tugas berbasis AI yang secara otomatis mendistribusikan tugas harian kepada karyawan berdasarkan beban kerja, keahlian, dan jadwal acara, sehingga mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan koordinasi tim secara real-time.Transformasi dari sistem manual ke digital meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko kerusakan data akibat penyimpanan kertas.Wedding organizer Palanta Omsima adalah sebuah perusahaan yang cukup besar dalam bidang jasa pernikahan, namun Palanta Omsima masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya.Seiring berkembangnya teknologi, Palanta Omsima memiliki banyak pesaing wirausaha yang menjalankan bisnis yang sama, terlebih sudah banyak yang memanfaatkan ilmu komputer dan internet dalam menunjang proses bisnis mereka.Penelitian ini bertujuan untuk membantu wedding organizer Palanta Omsima dalam transformasi digital bisnisnya yaitu dalam hal pengelolaan data.Sistem yang dirancang dapat membuat jangkauan lebih luas lagi untuk mempromosikan bisnis melalui website, meningkatkan omset, pengelolaan data pelanggan, pengelolaan asset perusahaan serta pembayaran dan penyajian informasi dalam database dan mempercepat pencarian data apabila diperlukan.

Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan sistem ini menjadi aplikasi mobile yang terintegrasi dengan fitur pemesanan real-time oleh pelanggan, sehingga pelanggan dapat memesan paket pernikahan, melihat ketersediaan jadwal, dan membayar secara langsung melalui smartphone. Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi fitur umpan balik otomatis dari pelanggan setelah acara selesai, seperti survei kepuasan yang dikirim via notifikasi, untuk membantu Palanta Omsima meningkatkan kualitas layanan berdasarkan data nyata. Terakhir, penelitian bisa mengembangkan sistem dengan menambahkan fitur manajemen tugas berbasis AI yang secara otomatis mendistribusikan tugas harian kepada karyawan berdasarkan beban kerja, keahlian, dan jadwal acara, sehingga mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan koordinasi tim secara real-time.

File size1.49 MB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test