ALJAMIAHALJAMIAH
Al-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesAl-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesDalam berbagai diskusi dan perbincangan dengan orang Madura, seringkali terdengar pernyataan bahwa tidak ada orang Madura yang memeluk Kristen. Dipercaya bahwa 100 % orang Madura adalah Muslim, sedangkan orang Kristen di Madura adalah bukan orang Madura. Hal ini mungkin benar, namun realitasnya berkata bahwa ada sekolompok orang Madura memeluk Kristen beberapa generasi dan tinggal di Sumber Pakem, Jawa Timur. Ketidaktahuan ini disebabkan oleh minimnya interaksi antara.
Kesimpulannya, toleransi antar kelompok agama, etnis, dan linguistik di Madura dapat dipahami melalui lima kategori Katznelson, yaitu keberadaan fisik, keamanan, akses ekonomi, ekspresi budaya, dan keanggotaan sipil.Meskipun terdapat ancaman fisik dan tekanan sosial terhadap umat Kristen, interaksi ekonomi dan budaya menunjukkan adanya ruang bagi koeksistensi damai antara umat Kristiani Madura dan mayoritas Muslim.Oleh karena itu, pengakuan resmi identitas agama serta dialog lintas‑agama menjadi faktor penting untuk memperkuat toleransi dan mengurangi konflik di masyarakat Madura.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana media digital memengaruhi proses pembentukan identitas Kristiani di kalangan masyarakat Madura, dengan mengamati pola penggunaan media sosial, konten keagamaan, dan interaksi daring antara komunitas Kristen dan Muslim. Selain itu, studi komparatif tentang program pendidikan lintas‑agama di sekolah‑sekolah Madura dapat menilai efektivitas kurikulum dalam menumbuhkan rasa saling menghormati serta mengurangi stereotip negatif antar‑agama. Terakhir, penelitian longitudinal yang membandingkan hasil sosial‑ekonomi antara keluarga Kristiani dan Muslim di Madura dapat mengidentifikasi perbedaan akses peluang kerja, pendidikan, dan kesejahteraan, serta mengkaji peran kebijakan publik dalam meningkatkan kesetaraan. Ketiga arah penelitian ini diharapkan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang dinamika identitas, toleransi, dan kesejahteraan di wilayah Madura, serta memberikan dasar empiris bagi pembuat kebijakan dan praktisi sosial untuk merancang intervensi yang lebih tepat sasaran.
- Religious Networks in Madura: Pesantren, Nahdlatul Ulama, and Kiai as the Core of Santri Culture | Pribadi... doi.org/10.14421/ajis.2013.511.1-32Religious Networks in Madura Pesantren Nahdlatul Ulama and Kiai as the Core of Santri Culture Pribadi doi 10 14421 ajis 2013 511 1 32
- Madurese Christian: In Search of Christian Identity within Muslim Society | Siddiq | Al-Jami'ah:... doi.org/10.14421/ajis.2019.571.167-196Madurese Christian In Search of Christian Identity within Muslim Society Siddiq Al Jamiah doi 10 14421 ajis 2019 571 167 196
- DOI Name 10.3390 Values. name values index type timestamp data serv crossref desc prefix mdpi email admin... doi.org/10.3390DOI Name 10 3390 Values name values index type timestamp data serv crossref desc prefix mdpi email admin doi 10 3390
| File size | 719.77 KB |
| Pages | 30 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UINSAIZUUINSAIZU Pendekatan deskriptif kuantitatif diterapkan melalui kuesioner terstruktur, dianalisis menggunakan teknik frekuensi dan persentase, dan ditafsirkan melaluiPendekatan deskriptif kuantitatif diterapkan melalui kuesioner terstruktur, dianalisis menggunakan teknik frekuensi dan persentase, dan ditafsirkan melalui
UINSAIZUUINSAIZU Komunitas Jrahi, yang berakar pada nilai-nilai Islam berupa ukhuwah, ʿadl, dan taʿāwun, memberikan respons positif terhadap kepala desa non-Muslim yangKomunitas Jrahi, yang berakar pada nilai-nilai Islam berupa ukhuwah, ʿadl, dan taʿāwun, memberikan respons positif terhadap kepala desa non-Muslim yang
UINSAIZUUINSAIZU Selain itu, pemasangan CCTV di tempat pribadi dianggap melanggar hak privasi menurut syariah maupun konstitusi Nigeria, sehingga penggunaannya sebagaiSelain itu, pemasangan CCTV di tempat pribadi dianggap melanggar hak privasi menurut syariah maupun konstitusi Nigeria, sehingga penggunaannya sebagai
ALJAMIAHALJAMIAH Selain itu, kiprah para jaksa ini dapat dilihat dari posisi, independensi, dan wewenang yang mereka miliki. Adapun pelbagai hal yang mengitari Jaksa PepituSelain itu, kiprah para jaksa ini dapat dilihat dari posisi, independensi, dan wewenang yang mereka miliki. Adapun pelbagai hal yang mengitari Jaksa Pepitu
Useful /
UINSAIZUUINSAIZU Inklusivitas ini mencerminkan keharusan Islam akan keadilan (adl) dan tugas untuk menegakkan martabat manusia. Namun, koordinasi kelembagaan yang lemahInklusivitas ini mencerminkan keharusan Islam akan keadilan (adl) dan tugas untuk menegakkan martabat manusia. Namun, koordinasi kelembagaan yang lemah
ALJAMIAHALJAMIAH Artikel ini memberikan kesimpulan bahwa ulama perempuan mampu membuat pandangan alternatif dengan menggunakan sumber hukum Islam (al-Quran) dan sumberArtikel ini memberikan kesimpulan bahwa ulama perempuan mampu membuat pandangan alternatif dengan menggunakan sumber hukum Islam (al-Quran) dan sumber
ALJAMIAHALJAMIAH 30 tidak membahas khilafah Islam dalam arti politik sempit, sehingga tidak bisa dijadikan dasar untuk menegakkan sistem khilafah. Shihab menekankan makna30 tidak membahas khilafah Islam dalam arti politik sempit, sehingga tidak bisa dijadikan dasar untuk menegakkan sistem khilafah. Shihab menekankan makna
CERICCERIC Setiap orang dapat mengalami depresi, salah satunya adalah lansia, dimana lansia memiliki konsekuensi fungsional yang lebih serius dibandingkan denganSetiap orang dapat mengalami depresi, salah satunya adalah lansia, dimana lansia memiliki konsekuensi fungsional yang lebih serius dibandingkan dengan