UTMUTM
SEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaSEMNAS KABASTRA: Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan PengajarannyaKaum milenial yang tak dapat jauh-jauh dari teknologi harus diwadahi dengan kegiatan belajar mengajar yang modern agar tidak terdampak negatif akan perkembangan teknologi. Seorang guru harus pandai dalam mengartikan hal tersebut. Perkembangan teknologi mengharuskan terjadinya perubahan pola pikir bahwa dengan teknologi maka pembelajaran harus bisa berjalan efektif. Sebagaimana contohnya, dalam pemahaman teks berita yang mengedepankan teknologi sebagai pembelajaran. Pembuatan vlog berita diartikan sebagai gabungan antara teori dan praktek sebagai sebuah pembelajaran yang mampu mendesain, mengembangkan, dan memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui efektivitas pembuatan vlog berita dalam meningkatkan pemahaman teks berita, (2) Mengetahui efektivitas pembuatan vlog berita sebagai wujud implementasi literasi multikultural budaya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif berdasarkan hasil produk berupa vlog berita dan deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan purpose sampling dengan acak sederhana, yaitu siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert dan rubrik penilaian produk. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman kognitif siswa dalam memahami teks berita termasuk kategori tinggi dan (2) tingkat pemahaman dalam mengimplementasikan multikultural budaya melalui pembuatan vlog termasuk kategori tinggi.
Pembuatan vlog berita terbukti efektif meningkatkan pemahaman teks berita siswa kelas XI SMA Taruna Nusantara, dengan hasil berada pada kategori tinggi.Selain itu, vlog tersebut juga efektif dalam mewujudkan implementasi literasi multikultural budaya dalam proses pembelajaran.Kedua aspek, baik pemahaman kognitif maupun implementasi multikultural, menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penambahan elemen multimedia interaktif, seperti augmented reality atau virtual reality, pada vlog berita memengaruhi tingkat pemahaman siswa dibandingkan dengan vlog konvensional, sehingga dapat menilai nilai tambah teknologi terkini dalam pembelajaran. Selanjutnya, diperlukan studi komparatif yang meneliti efektivitas pembuatan vlog berita pada siswa dari berbagai latar belakang budaya atau daerah, untuk mengetahui sejauh mana konten multikultural dapat meningkatkan kolaborasi, toleransi, dan sikap positif antarbudaya di kelas. Selain itu, penting untuk menyelidiki retensi jangka panjang pemahaman teks berita dan literasi multikultural setelah pembelajaran berbasis vlog dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional berbasis teks, agar dapat menilai keberlanjutan manfaat edukatif dari pendekatan vlog. Penelitian-penelitian ini diharapkan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai potensi dan batasan penggunaan vlog berita dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di era digital.
| File size | 546.18 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IRPIIRPI Dilakukan beberapa percobaan dengan menerapkan algoritma k-means clustering, sehingga diperoleh hasil percobaan terbaik dengan jumlah cluster = 4 denganDilakukan beberapa percobaan dengan menerapkan algoritma k-means clustering, sehingga diperoleh hasil percobaan terbaik dengan jumlah cluster = 4 dengan
IRPIIRPI Evaluasi hasil clustering dilakukan dengan menghitung Silhouette Coefficient dan memilih koefisien yang terbaik dari tiap jumlah cluster. Dengan menggunakanEvaluasi hasil clustering dilakukan dengan menghitung Silhouette Coefficient dan memilih koefisien yang terbaik dari tiap jumlah cluster. Dengan menggunakan
MAHADEWAMAHADEWA Hasil observasi awal yang dilakukan sebelum tindakan menunjukkan bahwa nilai rerata Agama Hindu hanya mencapai 67,78 dengan ketuntasan secara klasikalHasil observasi awal yang dilakukan sebelum tindakan menunjukkan bahwa nilai rerata Agama Hindu hanya mencapai 67,78 dengan ketuntasan secara klasikal
CAHAYA ICCAHAYA IC Dari hasil analisis data yang terdapat pada Indikato ini menunjukkan hasil yang cukup baik. Untuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guruDari hasil analisis data yang terdapat pada Indikato ini menunjukkan hasil yang cukup baik. Untuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru
Useful /
MAHADEWAMAHADEWA Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 61,17 dengan kriteria cukup, daya serap 61,17%, dan ketuntasan belajar siswa 61,11%, sedangkan padaRata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 61,17 dengan kriteria cukup, daya serap 61,17%, dan ketuntasan belajar siswa 61,11%, sedangkan pada
IRPIIRPI Hasil penelitian analisa sentimen opini masyarakat tentang vaksinasi COVID-19 yang telah dilakukan, cenderung ke tanggapan negatif dengan nilai akurasiHasil penelitian analisa sentimen opini masyarakat tentang vaksinasi COVID-19 yang telah dilakukan, cenderung ke tanggapan negatif dengan nilai akurasi
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakanPenelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penerapan model PJBL pada pembuatan strip komik. Penelitian dilaksanakan
MAHADEWAMAHADEWA Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan yang berjumlah 36 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitianSubjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Kuta Selatan yang berjumlah 36 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Objek penelitian