DINASTIREVDINASTIREV

Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan PolitikJurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik

Penulis dalam tulisan ini, mengkaji tentang pendidikan Islam dengan berbagai unsur dan elemen yang membentuknya, diantaranya tentang sistem berpikir kebenaran, tentang konsep pengetahuan serta nilai moralitas Pendidikan Islam yang sangat berkaitan erat dengan tujuan pendidikan Islam. Sistem berpikir tentang kebenaran dan pengetahuan adalah sisi teoritis dalam pendidikan Islam, sementara nilai moralitas Pendidikan Islam adalah sisi praktis pendidikan Islam. Karena Pendidikan Islam adalah suatu kegiatan yang mengarahkan dengan sengaja perkembangan seseorang sesuai dengan nilai-nilai Islam, yang memuat didalamnya tentang sistem berpikir tentang kebenaran dan pengetahuan, ia menjadi pondasi dasar yang dapat dijadikan basis ontologis sebagai dasar pandangan yang mengikat semua aktivitas sebuah sistem pendidikan Islam. Selanjutnya, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Dan hasil dari kajian ini menunjukan bahwa Sistem berpikir kebenaran kepercayaan relativitas berpengaruh terhadap pendidikan islam, dimana untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam tentunya sistem kebenaran yang dibangun harus berdasar pada kebenaran islami, yang bersumber dari al-Quran dan al- hadits. Sehingga dapat mencapai harapan dan tujuan pendidikan Islam yang bernilai tinggi yaitu hadirnya akhlakul karimah pada diri tiap-tiap peserta didik. Konsep pengetahuan terhadap pendidikan Islam, Artinya berpikir untuk mencapai pengetahuan dalam pendidikan Islam merupakan interpretasi dan implementasi dari berfikir, merenung dan taaqqul yang berlandaskan pengetahuan agama. Selanjutnya, sistem nilai dan moralitas berpengaruh terhadap pendidikan islam. Sistem nilai dan moralitas ini sebagai dimensi aksiologi dalam pendidikan Islam, setelah dimensi pengetahuan dan ontology(keberadaan sesuatu yang bersifat konkret). Kesisteman ini harus saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya. Tujuanya ialah untuk menemukan suatu model pendidikan atau pembelajaran yang efektif, dan baik , yang saling berhubungan antara apa yang dipahami sebagai pengetahuan, diyakini sebagai kebenaran dan di praktikan dalam kehidupan peserta didik sebagai sistem nilai dan moralitas. Sehingga dapat membantu para peserta didik untuk mencapai pribadi yang baik dan berahlak mulia.

Berdasarkan rumusan artikel dan pembahasan maka dapat di di rumuskan hipotesis untuk riset selanjutnya.1) Sistem berpikir kebenaran berpengaruh terhadap pendidikan Islam.3) Sistem nilai dan moralitas berpengaruh terhadap Pendidikan Islam.Berdasarkan Kesimpulan di atas, maka saran pada artikel ini adalah bahwa masih banyak faktor lain yang mempengaruhi Pendidikan Islam selain Sistem berpikir kebenaran, Konsep pengetahuan, dan sistem nilai dan moralitas Pendidikan Islam pada semua tipe dan level organisasi atau lembaga pendidikan, oleh karena itu masih di perlukan kajian yang lebih lanjut untuk mencari faktor-faktor lain apa saja yang dapat memepengaruhi Pendidikan Islam selain varibel yang diteliti pada arikel ini.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai pengaruh faktor-faktor lingkungan sosial dan ekonomi terhadap kualitas pendidikan Islam, terutama pada masyarakat dengan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini penting untuk memahami bagaimana konteks sosial-ekonomi dapat mempengaruhi cara pandang dan praktik pendidikan Islam. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pendidikan Islam yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan kebutuhan masyarakat modern. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan pendekatan pendidikan yang relevan dan adaptif terhadap perubahan zaman, tanpa kehilangan esensi ajaran Islam. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk menguji secara empiris hubungan antara sistem berpikir kebenaran, pengetahuan, dan nilai moralitas terhadap pencapaian tujuan pendidikan Islam, seperti tercermin dalam kualitas akhlak dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini akan memberikan data yang lebih akurat dan terukur untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pengembangan kebijakan pendidikan Islam.

  1. PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN SEBUAH TELAAH KRITIS | JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER. paradigma ilmu... jauj.jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1246PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN SEBUAH TELAAH KRITIS JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER paradigma ilmu jauj jurnal unej ac index php JAUJ article view 1246
  2. OSF. 0 doi.org/10.31219/osf.io/cnga2OSF 0 doi 10 31219 osf io cnga2
  3. PERUMUSAN STRATEGI BAGI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG UNTUK MERAIH KEUNGGULAN BERSAING | Jurnal... doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.42PERUMUSAN STRATEGI BAGI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG UNTUK MERAIH KEUNGGULAN BERSAING Jurnal doi 10 31933 jemsi v1i1 42
  4. Vol. 1 No. 1 (2020): (JIHHP) Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik (November 2020) | Jurnal Ilmu Hukum,... doi.org/10.38035/jihhp.v1i1Vol 1 No 1 2020 JIHHP Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik November 2020 Jurnal Ilmu Hukum doi 10 38035 jihhp v1i1
  1. #nilai islam siswa#nilai islam siswa
  2. #nilai-nilai islam#nilai-nilai islam
File size539.79 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test