PLBPLB

TEMATIKTEMATIK

Perkembangan zaman yang sangat pesat saat ini menuntut semua bidang beralih ke arah media digital. Pada zaman dahulu, perusahaan akan mengeluarkan biaya yang besar untuk mendesain sebuah produk hingga menjadi produk jadi, itupun masih menggunakan media 2 dimensi, sehingga menyulitkan untuk melihat dari berbagai sudut pandang. Salah satu contohnya yaitu, bagi sektor atau perusahaan yang akan membuat sebuah produk harus memproduksi sebuah prototipe, dimana biaya yang dikeluarkan akan besar, dikarenakan jika pada saat desain tidak sesuai maka akan membuat prototipe lainnya. Pengembangan media digital dalam mendesain produk akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh perusahaan. Salah satu software yang mendukung desain produk dalam bentuk 3 dimensi adalah Blender. Blender adalah salah satu software gratis atau biasa disebut open source 3d creation suite, yang mendukung seluruh pengerjaan dalam mode 3 dimensi seperti, modeling, rigging, animating, simulation, rendering dan motion tracking. Bahkan software ini juga mendukung dalam pembuatan game.

Desain 3 dimensi bukan hal baru, namun penerapannya pada bidang yang tepat dapat meningkatkan efisiensi proses dan presisi produksi.Perpindahan dari desain konvensional 2 dimensi ke desain 3 dimensi memudahkan perusahaan dalam melihat produk dari berbagai perspektif, sehingga mengurangi risiko kesalahan produksi.Selain itu, model 3 dimensi dapat dianimasikan untuk keperluan presentasi atau promosi produk secara lebih efektif.

Pertama, perlu dilakukan penelitian untuk mengintegrasikan model 3D mesin EPI ke dalam sistem presentasi interaktif berbasis augmented reality, sehingga calon pelanggan atau tim produksi dapat melihat dan memanipulasi model langsung melalui perangkat mobile. Kedua, disarankan adanya kajian lebih lanjut mengenai penerapan animasi fungsional pada model 3D, seperti simulasi aliran listrik atau mekanisme kerja mesin, untuk membantu pemahaman teknis tanpa harus membuat prototipe fisik. Ketiga, perlu dikaji penggunaan model 3D hasil modeling Blender sebagai aset digital dalam pelatihan karyawan, dengan mengembangkan modul pelatihan berbasis simulasi yang dapat diakses secara internal di perusahaan, sehingga mempercepat proses onboarding dan mengurangi ketergantungan pada bahan cetak atau instruksi verbal.

  1. #modeling mesin epi#modeling mesin epi
File size366 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test