LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Adanya kemajuan teknologi menuntut pendidik untuk dapat beradaptasi dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis media sosial. Namun, pada pelaksanaaanya masih terdapat pendidik yang kurang mengerti dalam mengimplementasikan media sosial sebagai alat pendukung dalam proses kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pentingnya edukasi mengenai implementasi media sosial dalam pembelajaran Pendidikan Islam sesuai dengan kurikulum yang diterapkan saat ini yaitu Merdeka Belajar. Merdeka belajar memberikan kemudahan pada setiap unit Pendidikan, dalam mengkreasikan konsep ini harus sesuai dengan keadaan merdeka belajar dalam proses belajar mengajar, baik dalam sisi budaya, kearifan local, sosial ekonomi maupun instruktur.

Merdeka belajar adalah adanya kebebasan dalam berfik, merdeka belajar merupakan system pembelajaran yang dilakukan diluar kelas, dengan adanya merdeka belajar proses belajr mengajar akan menjadi lebih rileks dan nyaman karena lebih banyak melakukan diskusi dengan guru dan melatih daya berfikir siswa untuk lebih berani berfikir kritis, cerdik dan berakhlak.Penerapan merdeka belajar pada Pendidikan agama Islam pada saat ini sering digunakan yaitu aplikasi yang dapat memudahkan proses pembelajaran dan menggunakan alat elektronik yang sekarang berkembang maju.Peneliti memahami terdapat banyak kekurangan dalam penulisan jurnal ini, oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran terutama pada Pendidikan berbasis merdeka belajar.

Penelitian lanjut dapat fokus pada pengembangan program pelatihan teknologi media sosial untuk guru Pendidikan Agama Islam agar dapat menghasilkan materi pembelajaran interaktif. Selain itu, perlu diuji secara empiris dampak penggunaan media sosial terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam konteks Merdeka Belajar. Arah studi lainnya adalah mengkaji strategi optimasi konten digital berbasis nilai-nilai Islam untuk memperkuat literasi digital peserta didik.

  1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LITERASI DIGITAL BAGI GENERASI MILENIAL | SOSFILKOM : Jurnal Sosial,... doi.org/10.32534/jsfk.v13i02.1465PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS LITERASI DIGITAL BAGI GENERASI MILENIAL SOSFILKOM Jurnal Sosial doi 10 32534 jsfk v13i02 1465
  2. PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 | Scaffolding: Jurnal Pendidikan... doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.281PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 0 Scaffolding Jurnal Pendidikan doi 10 37680 scaffolding v2i1 281
  3. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI PADA MADRASAH TSNAWIYAH DI WILAYAH BARAT SELATAN ACEH | Jurnal Ilmiah Islam... jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/3367PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI PADA MADRASAH TSNAWIYAH DI WILAYAH BARAT SELATAN ACEH Jurnal Ilmiah Islam jurnal ar raniry ac index php islamfutura article view 3367
  1. #merdeka belajar#merdeka belajar
  2. #pendidikan islam#pendidikan islam
File size489.56 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test