LAAROIBALAAROIBA

Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba JournalReslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal

Berdasarkan observasi penulis pada siswa kelas IX MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor. Sebagian siswa masih mengalami kesulitan untuk aktif dalam materi yang kurang mereka pahami dan kurang mampu mengeluarkan pendapatnya pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Inovatif dalam mata pelajaran SKI dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inovatif terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan untuk memperoleh atau mengumpulkan informasi mengenai pengaruh pembelajaran terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor. Kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 22 untuk mengetahui hasil signifikansi pengaruh pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Bogor dengan uji T. Jika T hitung dengan taraf signifikansi 0,05% dengan derajat bebas (df) = N-2 (38-2) = 36, diperoleh Thitung = 2,707 > Ttabel 1,688. Karena Thitung > Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa kelas IX di MTs Al-Irsyadiyah Kabupaten Bogor.

Pelaksanaan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran SKI kelas IX MTs Al-Irsyadiyah terbukti berjalan baik, meskipun sebagian siswa masih kurang aktif dan kurang mampu mengemukakan pendapatnya.Analisis data menunjukkan bahwa variabel pembelajaran inovatif memberikan kontribusi sebesar 24,82% terhadap kreativitas siswa, dengan nilai signifikansi (Thitung = 2,707 > Ttabel) yang signifikan.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif berpengaruh positif terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran SKI.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti efek jangka panjang penerapan pembelajaran inovatif terhadap kreativitas siswa dengan desain studi longitudinal, sehingga dapat mengidentifikasi perubahan kemampuan kreatif selama beberapa semester. Selain itu, studi komparatif antara berbagai model pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek versus pembelajaran berbasis permainan, dapat mengungkap strategi mana yang paling efektif dalam meningkatkan kreativitas pada mata pelajaran SKI. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi peran media digital interaktif sebagai pendukung pembelajaran inovatif, dengan menguji apakah integrasi teknologi meningkatkan partisipasi siswa dan memperluas peluang ekspresi kreatif di kelas.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kelas viii#siswa kelas viii
File size223.71 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test