UBUB

Indonesian Journal for Social ResponsibilityIndonesian Journal for Social Responsibility

Artenspace adalah co-working space berbasis komunitas yang memiliki galeri, meeting room, dan program-program yang bertujuan untuk membantu artis dalam memamerkan karyanya kepada khalayak umum. Meskipun program Artenspace didukung oleh fasilitas yang memadai, kelebihan program Artenspace kurang dapat terpublikasikan dengan baik melalui akun media sosialnya. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengabdian yang memberikan pelatihan tentang digital marketing kepada crew Artenspace. Pelatihan digital marketing dirancang berlangsung selama satu bulan, mencakup tahapan riset, pelatihan, dan evaluasi. Pelatihan ini ditujukan bagi account manager media sosial Artenspace sebagai peserta utama. Sebagai langkah strategis dalam pelaksanaan pelatihan, riset awal dilakukan oleh tim pengabdi pada pekan pertama. Selanjutnya, pelatihan dilakukan melalui luring dan daring. Pelatihan secara luring disampaikan melalui ceramah, workshop, dan diskusi secara tatap muka dalam satu hari yang meliputi pelatihan pembuatan konten dan workshop fotografi-videografi. Pelatihan daring dilakukan selama 3 pekan pascaluring yang meliputi pendampingan produksi konten, pelatihan copywriting, dan riset digital marketing. Sedangkan evaluasi dan pemantauan diadakan setiap pekan selama pelatihan daring. Hasil dari pelatihan digital marketing kepada crew Artenspace menghasilkan 12 konten media sosial Instagram yang mempunyai peningkatan jangkauan sebesar 69%. Diharapkan dengan adanya peningkatan kualitas maupun kuantitas dari konten media sosial Artenspace, program Artenspace dapat lebih menjangkau target audiens yang lebih luas dan dapat lebih tersampaikan kepada target konsumen yang disasar.

Sisi kekurangan dari pelatihan ini adalah urutan materi pelatihan menjadi titik poin penting agar peserta dapat mengintegrasikan materi.Untuk mengoptimalkan potensi bisnisnya, Artenspace dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan kolaborasi antara tim penjualan dan tim pemasaran digital.Dengan memanfaatkan fitur interaktif di reels, Artenspace dapat meningkatkan keterlibatan pengguna.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas berbagai strategi konten Instagram yang berbeda (misalnya, reels, carousel, stories) dalam meningkatkan keterlibatan audiens dan mencapai tujuan pemasaran Artenspace. Selain itu, penting untuk menyelidiki bagaimana Artenspace dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan komunitas seniman dan kreator lokal melalui kolaborasi dan inisiatif yang berfokus pada seni. Penelitian tambahan juga dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana Artenspace dapat mengintegrasikan teknologi baru, seperti augmented reality (AR), ke dalam konten media sosialnya guna menciptakan pengalaman yang lebih imersif dan menarik bagi audiens.

  1. What Do We Know about Co-Working Spaces? Trends and Challenges Ahead | MDPI. know working spaces trends... mdpi.com/2071-1050/13/3/1416What Do We Know about Co Working Spaces Trends and Challenges Ahead MDPI know working spaces trends mdpi 2071 1050 13 3 1416
  2. The Role of Social Media in Business Transformation Strategies (Development and Validation of the Social... doi.org/10.2991/aebmr.k.200812.039The Role of Social Media in Business Transformation Strategies Development and Validation of the Social doi 10 2991 aebmr k 200812 039
  3. Utilization Instagram as an Communication Marketing Media | International Journal of Research and Applied... doi.org/10.34010/injuratech.v2i2.6936Utilization Instagram as an Communication Marketing Media International Journal of Research and Applied doi 10 34010 injuratech v2i2 6936
File size561.49 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test