HK PUBLISHINGHK PUBLISHING

Journal of CitizenshipJournal of Citizenship

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam program pemberdayaan masyarakat. Studi yang dilakukan yakni kepada Program Kampung Laos Serumpun yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN Indonesia Power UP Merah Mata. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, hasil dari penelitian ini menegaskan bahwa media sosial berperan strategis dalam pemberdayaan masyarakat Desa Merah Mata melalui Program Kampung Laos Serumpun. Selain sebagai sarana komunikasi dan promosi, media sosial menjadi ruang partisipatif dan edukatif yang memperkuat identitas komunitas, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, serta melestarikan budaya lokal. Melalui platform digital, produk olahan laos dapat dipasarkan lebih luas sehingga menambah pendapatan warga dan membuka peluang kolaborasi bisnis.

Media sosial berperan strategis dalam pemberdayaan masyarakat Desa Merah Mata melalui Program Kampung Laos Serumpun, tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sebagai ruang partisipatif, edukatif, dan ekspresif yang memperkuat identitas komunitas dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi.Pemanfaatan media sosial berhasil memperluas pasar, meningkatkan pendapatan, mendorong inovasi produk, serta memperkuat pelestarian budaya lokal.Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan ketimpangan literasi digital masih perlu diatasi agar manfaatnya dapat dirasakan secara merata dan berkelanjutan.

Pertama, perlu diteliti bagaimana perbedaan generasi di Desa Merah Mata memanfaatkan media sosial dalam pemasaran produk olahan laos, khususnya antara kelompok pemuda dan petani usia lanjut, untuk mengidentifikasi kesenjangan literasi digital dan strategi adaptasi yang efektif. Kedua, penting untuk mengkaji efektivitas kolaborasi antar desa melalui media sosial dengan menguji model jejaring pemberdayaan digital antara Kampung Laos Serumpun dan desa-desa lain yang memiliki komoditas sejenis, guna menilai potensi replikasi dan skala ekonomi. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian tentang dampak penggunaan kemasan ramah lingkungan terhadap persepsi konsumen di media sosial, dengan fokus pada preferensi visual, minat beli, dan loyalitas merek, untuk mengukur kontribusi aspek keberlanjungan terhadap daya saing produk lokal di pasar digital.

  1. Media sosial, komunikasi pembangunan, dan munculnya kelompok-kelompok berdaya | Jaya | Jurnal Kajian... jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/16469Media sosial komunikasi pembangunan dan munculnya kelompok kelompok berdaya Jaya Jurnal Kajian jurnal unpad ac jkk article view 16469
  2. Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada... stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1059Peran Influencer Marketing Online Customer Review dan Content Marketing dalam Keputusan Pembelian Pada stiealwashliyahsibolga ac jurnal index php jesya article view 1059
  3. IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) YAYASAN KOMATSU INDONESIA PEDULI DALAM MEWUJUDKAN... doi.org/10.32722/jap.v1i01.5076IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY CSR YAYASAN KOMATSU INDONESIA PEDULI DALAM MEWUJUDKAN doi 10 32722 jap v1i01 5076
  1. #sosial budaya lokal#sosial budaya lokal
File size645.84 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test