JIMF BIJIMF BI

Journal of Islamic Monetary Economics and FinanceJournal of Islamic Monetary Economics and Finance

Studi ini berfokus pada faktor-faktor yang berkontribusi terhadap niat beralih dari kosmetik non-halal ke kosmetik halal oleh wanita Muslim di Indonesia. Menggunakan kuesioner dan sampling purposive, kami mengumpulkan data dari total 236 wanita yang menggunakan kosmetik halal kemudian menerapkan PLS-SEM untuk analisis data. Hasil menunjukkan bahwa efek penarik secara signifikan memengaruhi niat wanita Muslim beralih ke kosmetik halal dan dimoderasi secara negatif oleh biaya beralih. Sebaliknya, efek dorong tidak secara signifikan memengaruhi niat beralih ke kosmetik halal. Selain itu, kesadaran halal dan biaya beralih secara langsung memengaruhi niat beralih wanita Muslim dari kosmetik non-halal ke kosmetik halal.

Kesimpulan pertama, faktor-faktor pendorong seperti keterlibatan keselamatan, nilai-nilai agama, dan kampanye etis tidak cukup kuat untuk mendorong wanita Muslim di Indonesia menggunakan kosmetik halal.Kedua, efek penarik, khususnya kepercayaan dan kredibilitas merek, lebih signifikan dalam membangkitkan niat beralih ke kosmetik halal.Ketiga, biaya beralih secara negatif memoderasi niat beralih, menunjukkan bahwa harga kosmetik halal yang lebih mahal dan ketidaknyamanan beralih dari produk yang sudah digunakan menjadi hambatan utama.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada tiga aspek. Pertama, menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital dan keterlibatan melalui media sosial terhadap niat beralih ke kosmetik halal, terutama di era ketergantungan tinggi pada platform digital. Kedua, membandingkan faktor pembentukan niat beralih berdasarkan usia dan status ekonomi wanita Muslim di berbagai wilayah, mengingat keterbatasan sample pada kelompok usia muda dan penghasilan rendah. Ketiga, mengkaji penerapan standar lingkungan dan keberlanjutan dalam produksi kosmetik halal untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong minat beralih, mengingat tren global terhadap isu keberlanjutan.

  1. MUSLIM WOMEN SWITCHING INTENTION TO HALAL COSMETIC: PUSH-PULL-MOORING MODEL APPLICATION | Journal of... doi.org/10.21098/jimf.v9i2.1633MUSLIM WOMEN SWITCHING INTENTION TO HALAL COSMETIC PUSH PULL MOORING MODEL APPLICATION Journal of doi 10 21098 jimf v9i2 1633
  2. Halal Cosmetics: A Review on Ingredients, Production, and Testing Methods. halal cosmetics review ingredients... doi.org/10.3390/cosmetics6030037Halal Cosmetics A Review on Ingredients Production and Testing Methods halal cosmetics review ingredients doi 10 3390 cosmetics6030037
  3. Effect of Trust in Domain-Specific Information of Safety, Brand Loyalty, and Perceived Value for Cosmetics... doi.org/10.3390/su11226257Effect of Trust in Domain Specific Information of Safety Brand Loyalty and Perceived Value for Cosmetics doi 10 3390 su11226257
  1. #switching intention#switching intention
  2. #halal cosmetic push#halal cosmetic push
File size529.47 KB
Pages24
DMCAReportReport

ads-block-test