JIMF BIJIMF BI

Journal of Islamic Monetary Economics and FinanceJournal of Islamic Monetary Economics and Finance

Menggunakan model kewirausahaan terintegrasi, penelitian ini mengkaji niat kewirausahaan sosial pemuda Muslim di Indonesia. Dalam penelitian ini, total 206 pemuda Muslim disurvei dan data dianalisis menggunakan model persamaan struktural kuadrat terkecil parsial (PLS-SEM). Temuan menunjukkan bahwa, meskipun religiositas tidak memiliki efek langsung pada niat socio-entrepreneurial, hal itu meningkatkan persepsi desirability. Kami berpendapat bahwa religiositas pemuda Muslim lebih pada pembentukan persepsi positif, yang menimbulkan keinginan dan niat untuk menjadi socio-entrepreneur. Dengan demikian, penerapan kewirausahaan sosial di kalangan pemuda Muslim di Indonesia didukung tidak hanya oleh keuntungan tetapi juga oleh keyakinan individu dalam menciptakan nilai sosial dan memakmurkan masyarakat.

Penelitian ini menawarkan analisis empiris faktor-faktor yang dapat memengaruhi implementasi kewirausahaan sosial.Niat kewirausahaan sosial dapat dijelaskan melalui proses yang muncul dari integrasi model kewirausahaan, yaitu dari efikasi kolektif dan efikasi sosial yang menunjukkan signifikansinya terhadap persepsi kelayakan.Religiositas tidak memiliki efek signifikan pada niat implementasi kewirausahaan sosial.Faktor yang sangat memengaruhi niat ini adalah keyakinan dan kemampuan untuk mengelola sehingga muncul tindakan dari keputusan mereka.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model yang lebih komprehensif dengan memperluas sampel ke luar Pulau Jawa untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif. Selain itu, analisis multi grup dapat diterapkan untuk membandingkan antara sekolah agama Islam dan non-agama Islam dalam konteks implementasi kewirausahaan. Penelitian juga dapat mengeksplorasi faktor demografis seperti budaya, etnis, dan adat untuk memperkaya pemahaman tentang kewirausahaan sosial dari perspektif Islam dan negara berkembang.

  1. LINKING RELIGIOSITY TO SOCIO-ENTREPRENEURSHIP INTENTION: A CASE OF MUSLIM YOUTH | Journal of Islamic... doi.org/10.21098/jimf.v9i2.1647LINKING RELIGIOSITY TO SOCIO ENTREPRENEURSHIP INTENTION A CASE OF MUSLIM YOUTH Journal of Islamic doi 10 21098 jimf v9i2 1647
File size518 KB
Pages26
DMCAReportReport

ads-block-test