UNAIUNAI
11th International Scholars Conference11th International Scholars ConferenceDengan pendekatan tematis dalam menganalisis data kualitatif, penelitian ini menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam 16 cerita pendek Ilocano. Dengan bantuan prinsip-prinsip Studi Budaya, penelitian ini fokus pada bagaimana cerita-cerita tersebut mencerminkan nilai-nilai Ilocano. Sebelas tema (nilai) muncul sebagai hasil analisis cerita pendek, yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga kategori. Di bawah nilai-nilai moral/etika: keagamaan, kejujuran, dan kesabaran. Untuk nilai-nilai budaya/tradisional: sopan santun, hemat, bijaksana, dan tekun bekerja; sedangkan untuk nilai-nilai sosial, ramah, membantu, gemar berpartai, dan memiliki perasaan bain dikenali. Dengan melihat cerita-cerita ini, dapat diasumsikan dengan aman bahwa identitas Ilocano adalah sesuatu yang positif, karena semua nilai yang disebutkan memiliki makna positif. Dapat juga dikatakan bahwa nilai-nilai ini yang membentuk identitas Ilocano, jiwa sejati Ilocano-yaitu psikologinya. Oleh karena itu, sebagai pengembangan, peneliti menyarankan untuk mempelajari cerita pendek lainnya dan jenis-jenis literasi lainnya menggunakan teori-teori literari atau sosiologi yang relevan untuk memvalidasi temuan penelitian ini.
Berdasarkan nilai-nilai yang diteliti dalam 16 cerita pendek Ilocano, psikologi Ilocano yang terbentuk adalah positif karena semua nilai yang dikaji memiliki makna positif.Penelitian menyarankan untuk mengkaji cerita pendek dan genre literasi lainnya menggunakan teori-teori yang relevan untuk memvalidasi temuan penelitian ini.
Apa hubungan antara nilai-nilai moral, sosial, dan budaya dalam cerita pendek ilokano dengan pengaruh lingkungan fisik dan sosial mereka? Bagaimana kemampuan nilai-nilai tersebut dalam menyikapi tantangan modern dalam masyarakat ilokano? Bagaimana perbedaan dan keunikan nilai-nilai ilokano dibandingkan dengan nilai-nilai tradisional dan modern dari kelompok etnis lain di Filipina?.
| File size | 204 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI The findings underscore the importance of fostering a learning environment that supports learner autonomy and cultivates positive emotional experiences.The findings underscore the importance of fostering a learning environment that supports learner autonomy and cultivates positive emotional experiences.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG namun hubungan di mana seorang pria dapat memiliki 1‑4 wanita tidak memenuhi definisi fungsi. Secara keseluruhan, konsep‑konsep yang ditemukan salingnamun hubungan di mana seorang pria dapat memiliki 1‑4 wanita tidak memenuhi definisi fungsi. Secara keseluruhan, konsep‑konsep yang ditemukan saling
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengembangkan Teori Pembelajaran Mandiri Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Makalah iniTujuan dari makalah ini adalah untuk mengembangkan Teori Pembelajaran Mandiri Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Makalah ini
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Partisipan dipilih secara acak; sepuluh dari empat puluh refleksi akhir tahun dipilih. Refleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan ThematicPartisipan dipilih secara acak; sepuluh dari empat puluh refleksi akhir tahun dipilih. Refleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic
Useful /
UNPAMUNPAM Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Board size, institusional ownership, dan pandemic covid-19 memiliki pengaruh terhadap financial distress. selainHasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Board size, institusional ownership, dan pandemic covid-19 memiliki pengaruh terhadap financial distress. selain
UNPAMUNPAM Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Consumer Non Cyclicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022 dimanaSampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Consumer Non Cyclicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022 dimana
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Disusul dengan analisis data uji empiris menggunakan prosedur uji individu, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 27 siswa Sekolah Menengah Kejuruan NegeriDisusul dengan analisis data uji empiris menggunakan prosedur uji individu, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 27 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil