PUBMEDIAPUBMEDIA

Journal of Mechanical EngineeringJournal of Mechanical Engineering

Penelitian ini mengkaji peningkatan sifat mekanik piston ring bekas melalui perlakuan panas yang strategis. Penelitian difokuskan pada optimalisasi parameter perlakuan panas termasuk suhu austenitizing (800°C, 850°C, dan 900°C), waktu pemanasan (1, 2, dan 3 jam), serta media pendinginan (air, minyak, dan udara), untuk mengembalikan tingkat kekerasan piston ring bekas menjadi setara dengan piston ring baru. Metode eksperimental digunakan untuk mengevaluasi pengaruh variabel tersebut terhadap kekerasan material. Hasil menunjukkan bahwa waktu pemanasan selama tiga jam meningkatkan kekerasan secara signifikan, dengan nilai tertinggi mencapai 38,66 HRC—hampir menyamai kekerasan piston ring baru (39,94 HRC). Temuan ini menunjukkan bahwa perlakuan panas yang dikontrol secara tepat dapat memperbarui kembali piston ring bekas sehingga membuka jalan alternatif yang efektif dalam meningkatkan efisiensi sumber daya dan mengurangi limbah logam pada industri otomotif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui rekristalisasi dan homogenisasi mikrostruktur, perlakuan panas dapat meningkatkan kekerasan dan ketahanan aus piston ring bekas secara signifikan.Penggunaan material daur ulang yang didukung teknologi manufaktur canggih dapat membantu industri otomotif mengurangi dampak lingkungan dan biaya produksi.Namun, respons terhadap perlakuan panas bisa terpengaruh oleh perbedaan komposisi kimia dari material piston ring bekas, terutama unsur karbon dan silikon.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi hubungan lebih lanjut antara parameter perlakuan panas dan ketahanan aus dari piston ring bekas, karena kekerasan tinggi belum tentu menjamin ketahanan aus yang baik. Selain itu, penting untuk melakukan analisis termal terhadap efisiensi energi dari proses perlakuan panas agar dapat mendukung keberlanjutan dalam praktik industri otomotif. Penelitian juga perlu dilakukan untuk memahami bagaimana variasi komposisi kimia pada material bekas, khususnya unsur karbon dan silikon, mempengaruhi konsistensi hasil perlakuan panas dan performa akhir komponen.

  1. Possibility of Marine Low-Speed Engine Piston Ring Wear Prediction during Real Operational Conditions.... doi.org/10.3390/en16031433Possibility of Marine Low Speed Engine Piston Ring Wear Prediction during Real Operational Conditions doi 10 3390 en16031433
  2. Circular Strategy Through Heat Treatment of Recycled Piston Rings for the Sustainability of the Automotive... journal.pubmedia.id/index.php/jme/article/view/4938Circular Strategy Through Heat Treatment of Recycled Piston Rings for the Sustainability of the Automotive journal pubmedia index php jme article view 4938
  3. Influences of Surface, Heat Treatment, and Print Orientation on the Anisotropy of the Mechanical Properties... mdpi.com/2504-4494/6/4/87Influences of Surface Heat Treatment and Print Orientation on the Anisotropy of the Mechanical Properties mdpi 2504 4494 6 4 87
  4. Heat Treatment Effect on the Microstructure and Tribological Behaviour of a High Chromium Cast Iron with... doi.org/10.2355/isijinternational.ISIJINT-2019-760Heat Treatment Effect on the Microstructure and Tribological Behaviour of a High Chromium Cast Iron with doi 10 2355 isijinternational ISIJINT 2019 760
  1. #ekonomi sirkular#ekonomi sirkular
  2. #perlakuan panas#perlakuan panas
File size601.3 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test