UNAIUNAI

11th International Scholars Conference11th International Scholars Conference

Perkembangan pesat internet telah mendorong banyak bidang untuk mengadopsi pertemuan jarak jauh. Universitas Advent Indonesia (UNAI) memiliki kemampuan untuk menerapkan pembelajaran hybrid, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan di beberapa lokasi testbed mahasiswa di seluruh UNAI, dengan fokus pada berbagai parameter QoS (Quality of Service), termasuk bandwidth, delay, jitter, dan tingkat kehilangan paket UDP. Hasil menunjukkan variasi signifikan dalam QoS di berbagai testbed, yang menghadirkan tantangan tertentu bagi rencana eksperimen di masa depan.

Penelitian ini memberikan gambaran mengenai kondisi jaringan mahasiswa di Universitas Advent Indonesia dalam konteks kesiapan untuk pembelajaran hybrid jarak jauh.Secara umum, sebagian besar kelas daring berjalan lancar, meskipun beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam kualitas video akibat tingkat kehilangan paket UDP yang tinggi.Rekomendasi utama meliputi penyediaan bandwidth yang memadai bagi mahasiswa, pertimbangan penggunaan WebRTC, dan penerapan skala prioritas jaringan di kampus untuk mengurangi delay.

Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan skenario simulasi komunikasi real-time antar lokasi testbed menggunakan aplikasi eksternal, guna mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pembelajaran daring secara lebih mendalam. Kedua, penelitian dapat menguji pengaruh bitrate video yang berbeda terhadap kelancaran dan kejernihan aliran video selama kelas virtual, khususnya di lokasi dengan keterbatasan bandwidth. Ketiga, perlu dikaji strategi alokasi prioritas jaringan secara dinamis berdasarkan beban lalu lintas, dengan menyesuaikan bitrate khusus untuk setiap lokasi testbed agar kualitas komunikasi tetap optimal meskipun dalam kondisi lalu lintas latar belakang yang tinggi. Penelitian-penelitian ini akan membantu menyusun model pembelajaran hybrid yang lebih adaptif dan adil secara teknologi. Dengan simulasi yang lebih realistis, institusi dapat memahami bagaimana mengoptimalkan penggunaan jaringan kampus dan konektivitas daerah terpencil. Selain itu, penetapan bitrate yang disesuaikan dapat meningkatkan pengalaman belajar tanpa membebani jaringan. Analisis faktor lalu lintas latar belakang juga penting untuk menilai dampaknya terhadap kualitas pertemuan daring. Hasilnya dapat menjadi panduan bagi pengembangan infrastruktur pendidikan digital yang lebih responsif. Penelitian lanjutan semacam ini mendukung integrasi teknologi yang lebih efektif dalam lingkungan pembelajaran hybrid.

  1. Persepsi Mahasiswa terhadap Sistem Manajemen Pembelajaran Online di Universitas Advent Indonesia | TeIKa.... doi.org/10.36342/teika.v12i01.2803Persepsi Mahasiswa terhadap Sistem Manajemen Pembelajaran Online di Universitas Advent Indonesia TeIKa doi 10 36342 teika v12i01 2803
  2. Analisa Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver,... doi.org/10.31154/cogito.v8i1.389.35-46Analisa Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver doi 10 31154 cogito v8i1 389 35 46
  3. Performance Evaluation of UDP-Based Data Transmission with Acknowledgment for Various Network Topologies... doi.org/10.3390/electronics13183697Performance Evaluation of UDP Based Data Transmission with Acknowledgment for Various Network Topologies doi 10 3390 electronics13183697
  4. One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.201-206One moment please moment please wait request verified doi 10 31544 jtera v5 i2 2020 201 206
  1. #hybrid learning#hybrid learning
  2. #model hybrid#model hybrid
File size284.24 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test