USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationMenulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan bahasa yang diajarkan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di sekolah menengah atas di Indonesia. Menurut penelitian sebelumnya, sebagian besar siswa menganggap menulis sebagai keterampilan yang paling sulit di antara empat keterampilan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan utama dalam menulis yang dihadapi oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Banda Aceh, serta upaya yang dilakukan oleh guru mereka untuk mengatasi masalah tersebut. Desain penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil pengumpulan dokumen menunjukkan bahwa persentase tertinggi masalah yang dihadapi siswa adalah dalam aspek penggunaan bahasa, sedangkan masalah terendah adalah dalam aspek konten. Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis, seperti penggunaan bahasa, mekanika, kosakata, organisasi, dan konten. Demikian juga, guru perlu mengembangkan bentuk umpan balik yang sistematis dan menjelaskan kepada siswa apa arti umpan balik tersebut serta apa yang harus mereka lakukan untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa dalam menulis dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut.Kesimpulannya, siswa mengalami masalah dalam keterampilan menulis, terutama dalam hal konten, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanika.Kesalahan tata bahasa dalam penggunaan bahasa adalah masalah utama yang dihadapi siswa.Di sisi lain, masalah dalam konten adalah yang paling sedikit ditemukan.Guru melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, namun umpan balik tertulis tidak efektif dalam beberapa aspek, terutama penggunaan bahasa dan mekanika.Oleh karena itu, disarankan agar guru mengembangkan bentuk umpan balik yang lebih sistematis dan menjelaskan secara jelas kepada siswa tentang arti umpan balik tersebut.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas umpan balik lisan dibandingkan umpan balik tertulis dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan metode pengajaran tata bahasa yang lebih interaktif dan kontekstual, serta meneliti dampak penggunaan teknologi seperti aplikasi pembelajaran bahasa dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dengan demikian, penelitian lanjutan dapat memberikan wawasan baru tentang strategi pengajaran yang lebih efektif dan inovatif.
| File size | 546.13 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Gamifikasi menawarkan strategi yang menjanjikan untuk meningkatkan motivasi, penguasaan tata bahasa, dan keterlibatan belajar siswa dalam lingkungan pembelajaranGamifikasi menawarkan strategi yang menjanjikan untuk meningkatkan motivasi, penguasaan tata bahasa, dan keterlibatan belajar siswa dalam lingkungan pembelajaran
GOMITGOMIT Fisika merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderungFisika merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderung
GOMITGOMIT Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikanBahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
UMBUMB Adaptasi dan mitigasi diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pelabuhan. Penelitian ini menemukan bahwa pelabuhan harus mempertimbangkan topografi lokalAdaptasi dan mitigasi diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pelabuhan. Penelitian ini menemukan bahwa pelabuhan harus mempertimbangkan topografi lokal
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang calon pekerja dari siswa SMK NU 1 Slawi melalui pendekatan pembelajaranKegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang calon pekerja dari siswa SMK NU 1 Slawi melalui pendekatan pembelajaran
POLIMEDIAPOLIMEDIA Pengabdian ini menjadi langkah konkret dalam mendukung kesiapan generasi muda menghadapi tantangan global. Kegiatan pengabdian masyarakat berhasil meningkatkanPengabdian ini menjadi langkah konkret dalam mendukung kesiapan generasi muda menghadapi tantangan global. Kegiatan pengabdian masyarakat berhasil meningkatkan
USKUSK Indeed, George Orwell‟s timeless work reminds us that totalitarianism could be harmful to one society. The characters in Animal Farm were created byIndeed, George Orwell‟s timeless work reminds us that totalitarianism could be harmful to one society. The characters in Animal Farm were created by