NINETYJOURNALNINETYJOURNAL

Jurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi InformasiJurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi Informasi

Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi ujian online berbasis mobile yang efisien, aman, dan mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan Agile berbasis framework Scrum, pengembangan dilakukan secara iteratif melalui tahapan perancangan antarmuka pengguna (UI/UX), pengembangan backend dan frontend, integrasi API, serta pengujian kualitas aplikasi. Aplikasi ini dirancang untuk menjawab kebutuhan digitalisasi pendidikan dengan mengutamakan efisiensi dan keamanan. Fitur unggulannya meliputi autentikasi ganda, pengawasan berbasis algoritma untuk mencegah kecurangan, dan penyajian hasil ujian secara real-time dengan akurasi tinggi. Pengujian aplikasi mencakup evaluasi fungsional, kinerja, dan uji coba pengguna, memastikan aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi proses ujian, meminimalkan potensi kecurangan, dan memberikan hasil ujian secara cepat serta akurat. Temuan ini mendukung transformasi digital dalam pendidikan, mempermudah pelaksanaan ujian, dan membantu dosen dalam evaluasi akademik. Penelitian ini juga memperlihatkan pentingnya pendekatan Agile dalam menghasilkan solusi inovatif dan adaptif yang relevan dengan kebutuhan zaman, sekaligus memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan teknologi pendidikan berbasis mobile.

Penelitian ini berhasil mengembangkan aplikasi ujian online berbasis mobile yang efisien, aman, dan mudah diakses.Pendekatan Agile-Scrum memungkinkan proses pengembangan yang iteratif dan adaptif, meliputi desain UI/UX, pengembangan backend dan frontend, serta pengujian kualitas aplikasi.Fitur utama seperti autentikasi ganda, pengawasan ujian real-time, dan otomatisasi penilaian terbukti efektif meningkatkan efisiensi dan keamanan pelaksanaan ujian.Aplikasi ini diharapkan menjadi model pengembangan sistem ujian daring di masa depan serta mendorong adopsi teknologi dalam dunia pendidikan secara lebih luas.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi penerapan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan akurasi sistem pengawasan dalam ujian daring. Selain itu, pengembangan fitur adaptif berdasarkan perilaku pengguna selama ujian juga dapat menjadi area penelitian yang menarik untuk mengurangi potensi kecurangan. Terakhir, evaluasi penggunaan metode Agile-Scrum dalam pengembangan aplikasi ujian online di lingkungan pendidikan yang berbeda, seperti sekolah menengah atau pelatihan profesional, bisa memberikan wawasan baru mengenai fleksibilitas dan efektivitas pendekatan tersebut.

  1. Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM | JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA.... doi.org/10.30865/mib.v5i1.2604Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA doi 10 30865 mib v5i1 2604
  2. Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Menggunakan Metode Agile Dengan Kerangka Kerja Scrum Pada Pelayanan... doi.org/10.25134/ilkom.v18i1.52Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Menggunakan Metode Agile Dengan Kerangka Kerja Scrum Pada Pelayanan doi 10 25134 ilkom v18i1 52
  3. PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS MOBILE DENGAN AGILE-SCRUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN... ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/209PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS MOBILE DENGAN AGILE SCRUM UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN ojs ninetyjournal index php JKBTI article view 209
File size522.83 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test