E SIBERE SIBER

Siber International Journal of Sport EducationSiber International Journal of Sport Education

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bimbingan Konseling, dalam Menghadapi Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kepemimpinan kepala sekolah dalam mempersiapkan bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z. Metode penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian pustaka, dengan sumber dari media daring seperti Google Scholar, Mendeley, dan media online lainnya. Hasil studi menunjukkan: 1) kepemimpinan kepala sekolah berperan terhadap Generasi Z, 2) bimbingan konseling berperan terhadap Generasi Z, 3) kepemimpinan kepala sekolah berperan dalam mempersiapkan bimbingan konseling untuk menghadapi Generasi Z. Selain dua variabel eksogen tersebut yang memengaruhi variabel endogen Generasi Z, terdapat pula faktor-faktor lain seperti motivasi, lingkungan, dan budaya organisasi.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berperan signifikan terhadap Generasi Z.Selain itu, bimbingan konseling juga memiliki peran penting dalam perkembangan Generasi Z.Selanjutnya, kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi dalam mempersiapkan bimbingan konseling untuk menghadapi tantangan Generasi Z.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana tingkat kompetensi digital kepala sekolah mempengaruhi efektivitas program bimbingan konseling bagi Generasi Z, dengan menggunakan pendekatan survei terstruktur dan analisis regresi multivariat untuk mengidentifikasi hubungan kausal antara kompetensi tersebut dan hasil akademik serta kesejahteraan psikologis siswa. Selanjutnya, studi komparatif dapat dilakukan antara sekolah yang menerapkan platform teknologi terkini, seperti aplikasi mobile dan sistem e‑counseling, dalam layanan bimbingan konseling dan sekolah yang masih menggunakan metode konvensional berbasis tatap muka, guna menilai dampak integrasi teknologi terhadap kepuasan, partisipasi, dan perkembangan keterampilan sosial siswa Generasi Z selama periode belajar. Akhirnya, penelitian kualitatif longitudinal dapat meneliti peran kolaborasi yang terstruktur antara kepala sekolah, guru bimbingan konseling, orang tua, dan pihak komunitas dalam membangun ekosistem dukungan holistik, serta bagaimana mekanisme koordinasi, pelatihan bersama, dan evaluasi berkelanjutan berkontribusi pada pengembangan karakter, motivasi belajar, dan kesiapan karir siswa selama transisi dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi.

  1. #bimbingan konseling#bimbingan konseling
File size228.01 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test