IRPIIRPI

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer ScienceMALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi variabel-variabel yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi mobile banking. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner daring yang disebarkan menggunakan Google Form. Sampel purposif berjumlah 200 pengguna aktif dipilih untuk memastikan responden merupakan pengguna sebenarnya. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak Smart‑PLS dan teknik PLS‑SEM pada model outer dan inner serta demografi. Hasil menunjukkan bahwa secara umum konsumen merasa puas dengan aplikasi mobile banking. Tujuh variabel—konten, akurasi, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan—terbukti menjadi prediktor signifikan kepuasan pengguna, sementara satu hipotesis tidak terbukti, menandakan variabel tersebut tidak berpengaruh. Berdasarkan temuan, untuk mempertahankan kepuasan pengguna, kualitas sistem, kualitas informasi, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, konten, dan kualitas layanan harus dipertahankan atau ditingkatkan.

Berdasarkan hasil survei, pengguna umumnya merasa puas dengan aplikasi mobile banking, dimana tujuh variabel—konten, akurasi, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan—menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.Variabel format tidak berhubungan signifikan dengan kepuasan, sehingga disarankan untuk meninjau atau mengganti variabel tersebut dalam penelitian selanjutnya.Penelitian berikutnya dapat memperluas model dengan mengintegrasikan Expectation Confirmation Model (ECM) dan Technology Acceptance Model (TAM), serta melakukan analisis komparatif berdasarkan demografi seperti jenis kelamin, usia, dan lama penggunaan aplikasi.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi redefinisi atau penggantian variabel format dengan fokus pada faktor desain antarmuka pengguna (UI/UX) untuk mengetahui apakah perbaikan estetika atau interaktivitas dapat meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi mobile banking. Selain itu, integrasi Expectation Confirmation Model (ECM) dan Technology Acceptance Model (TAM) dalam satu kerangka kerja dapat diuji untuk memahami bagaimana persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan konfirmasi harapan berinteraksi memengaruhi kepuasan dan niat berkelanjutan pengguna. Selanjutnya, dilakukan studi komparatif antar segmen demografis—misalnya berdasarkan jenis kelamin, rentang usia, dan lama penggunaan aplikasi—dengan pendekatan multi‑group PLS‑SEM untuk mengidentifikasi perbedaan pengaruh masing‑masing tujuh faktor utama terhadap kepuasan, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih tersegmentasi dan efektif bagi pengembangan aplikasi di masa depan.

  1. Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara | Wahyuni... e-jurnal.pnl.ac.id/index.php/infomedia/article/view/624Analisis Jaringan Saraf Dalam Estimasi Tingkat Pengangguran Terbuka Penduduk Sumatera Utara Wahyuni e jurnal pnl ac index php infomedia article view 624
  2. The Application of Delon and McLean Method and End User Computing Satisfaction to Analyze User Satisfaction... doi.org/10.57152/malcom.v4i1.977The Application of Delon and McLean Method and End User Computing Satisfaction to Analyze User Satisfaction doi 10 57152 malcom v4i1 977
  3. Analisis Kepuasan Nasabah Mobile Banking Pada Bank BCA | Jurnal Teknologi dan Manajemen. analisis kepuasan... doi.org/10.52330/jtm.v19i2.26Analisis Kepuasan Nasabah Mobile Banking Pada Bank BCA Jurnal Teknologi dan Manajemen analisis kepuasan doi 10 52330 jtm v19i2 26
  4. ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA PORTAL UNIVERSITAS ALMA ATA MENGGUNAKAN PENDEKATAN END-USER... ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJUBI/article/view/897ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA PORTAL UNIVERSITAS ALMA ATA MENGGUNAKAN PENDEKATAN END USER ejournal almaata ac index php IJUBI article view 897
  1. #desain antarmuka#desain antarmuka
File size210.21 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test