STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran pemeliharaan perangkat keras komputer di Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, metode Research and Development (R&D) dari model pengembangan ADDIE digunakan. Model pengembangan ADDIE dalam penelitian ini dimulai melalui tahapan (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pontianak di kelas X dengan 27 siswa yang berpartisipasi dan tiga validator, yaitu ahli desain, ahli materi, dan ahli media. Data dari instrumen dan skala sikap dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Relatif, dari hasil analisis data (dalam rentang nilai 1-5) desain multimedia dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 4,34. Disusul dengan analisis data uji empiris menggunakan prosedur uji individu, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 27 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pontianak di kelas X, menunjukkan sikap siswa sangat senang menggunakan multimedia interaktif dengan rata-rata 6,26 dalam rentang 1-7. Uji efektivitas multimedia dengan kriteria sikap siswa terhadap multimedia dan skor pretest dan posttest yang melibatkan 30 siswa ternyata menunjukkan perbedaan signifikan dengan t0 ≥ ttable, yaitu 13,507 ≥ 2,045. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif untuk pembelajaran pemeliharaan perangkat keras komputer di Sekolah Menengah Kejuruan dapat diterapkan pada mata pelajaran jaringan komputer dasar.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan produk akhir dilakukan untuk melihat seberapa senangnya siswa dan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah menggunakan multimedia interaktif.Skala untuk mengukur sikap siswa menggunakan teknik diferensial semantik.Rata-rata skor sikap siswa adalah 6,3 dari rentang 1-7, sehingga sikap siswa dikategorikan sangat senang dengan penggunaan multimedia interaktif.Perolehan skor pretest dan posttest dari penggunaan multimedia siswa diuji melalui t-test yang diperoleh t_o≥t_table, yang merupakan 13,507 ≥ 2,045.Hasil t-test menunjukkan perbedaan signifikan dalam skor siswa sebelum dan setelah penggunaan multimedia interaktif.Hasil uji efektivitas penggunaan multimedia interaktif dilakukan melalui pengujian sikap dan nilai hasil belajar siswa dapat dikategorikan sangat efektif.
Dalam penelitian ini, saran penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk mengeksplorasi variasi penggunaan multimedia interaktif dalam bidang lain, seperti pengembangan keterampilan kerja atau keterampilan spesifik lainnya di sekolah menengah kejuruan. Selain itu, ada baiknya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai dampak jangka panjang penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa dan apakah hal ini berpengaruh terhadap keputusan siswa dalam pemilihan karier. Mengingat adanya kemajuan teknologi, penelitian juga dapat berfokus pada pengembangan multimedia berbasis augmented reality atau virtual reality untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih imersif bagi siswa dalam memahami kompleksitas pemeliharaan perangkat keras komputer.
- Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada... journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13752Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada journal uny ac index php jitp article view 13752
- Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif... doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13372Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif doi 10 21831 jitp v4i1 13372
- PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK | Jurnal Inovasi Teknologi... journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/11014PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK Jurnal Inovasi Teknologi journal uny ac index php jitp article view 11014
| File size | 533.11 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-gZ |
| DMCA | Report |
Related /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Kerangka Penta‑Helix menyediakan landasan teoretis yang komprehensif, dan Integrated Border Governance Model (IBGM) mengoperasionalkannya melalui satuKerangka Penta‑Helix menyediakan landasan teoretis yang komprehensif, dan Integrated Border Governance Model (IBGM) mengoperasionalkannya melalui satu
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teori implementasi kebijakan Grindle digunakan untuk menilai peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.Pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teori implementasi kebijakan Grindle digunakan untuk menilai peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.
GOMITGOMIT Selama ini, masyarakat menganggap penurunan fungsi penglihatan pada lansia sebagai hal yang normal dan tidak memerlukan pemeriksaan rutin, padahal kondisiSelama ini, masyarakat menganggap penurunan fungsi penglihatan pada lansia sebagai hal yang normal dan tidak memerlukan pemeriksaan rutin, padahal kondisi
DINASTIPUBDINASTIPUB Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yang digunakan adalah judgmental samplingPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yang digunakan adalah judgmental sampling
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Desiderius Erasmus memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan humanisme, karena manusia perlu mengeksporasikan diri secara bebas, sehinggaDesiderius Erasmus memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan humanisme, karena manusia perlu mengeksporasikan diri secara bebas, sehingga
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Program pengembangan media pembelajaran sekolah dasar ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perbaikan kualitas produk media pembelajaran yangProgram pengembangan media pembelajaran sekolah dasar ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perbaikan kualitas produk media pembelajaran yang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan menunjukkan beberapa peserta merupakan pemula dalam mengajar bagian tertentu IPA dan cenderung mencari bantuan dari rekan sejawat karena kepemimpinanTemuan menunjukkan beberapa peserta merupakan pemula dalam mengajar bagian tertentu IPA dan cenderung mencari bantuan dari rekan sejawat karena kepemimpinan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Berbagai sesi konferensi video berbasis web diselenggarakan melalui webinar, seminar, dan lokakarya Teams, serta teknik manajemen stres. Penelitian lebihBerbagai sesi konferensi video berbasis web diselenggarakan melalui webinar, seminar, dan lokakarya Teams, serta teknik manajemen stres. Penelitian lebih
Useful /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru memenuhi harapan publik dan memberikan dampak signifikanPenelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perizinan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru memenuhi harapan publik dan memberikan dampak signifikan
DINASTIPUBDINASTIPUB Instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan skala Likert, diproses menggunakan SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa motivasiInstrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan skala Likert, diproses menggunakan SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa motivasi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penyediaan materi pembelajaran bahasa Arab sebagai dasar keterampilan berbahasa siswa di masa depan dimulai sejak usia dini. Karena pemahaman membutuhkanPenyediaan materi pembelajaran bahasa Arab sebagai dasar keterampilan berbahasa siswa di masa depan dimulai sejak usia dini. Karena pemahaman membutuhkan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan menyelidiki pendekatan yang tepat untuk menguasai pengecualian apposisi koordinatif pada present simple. Pendekatan penelitianPenelitian ini bertujuan menyelidiki pendekatan yang tepat untuk menguasai pengecualian apposisi koordinatif pada present simple. Pendekatan penelitian